Sederet Fakta Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN, Dibawa Pakai Rantis Maung

JAKARTA, virprom.com – Sekretariat Presiden menggelar parade duplikat bendera pusaka Merah Putih dan teks Proklamasi pada Sabtu (10/8/2024).

Karnaval dimulai di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, menuju Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur dan berlanjut ke Ibu Kota Kepulauan (IKN) di Kalimantan Timur.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana mengatakan, karnaval dimulai pukul 08.00 WIB.

“Acara tersebut akan digelar tepat pukul 08.00 WIT atau pukul 09.00 WITA,” kata Yusuf di Lapangan Monas, Sabtu pagi.

Baca juga: Simak, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Pawai Bendera Duplikasi Monas hingga IKN

Menurut Yusuf, agenda pawai duplikat bendera Merah Putih ini dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Karnaval tersebut melibatkan 180 saudara seiman asal Jakarta, 122 purnawirawan Pengibar Bendera Pusaka Jakarta (Paskibraka) serta mahasiswa IPDN, Poltek dan pamong praja.

Selain itu, kesenian lokal juga ditampilkan untuk mengiringi karnaval tersebut. Rute karnaval

Yusuf menjelaskan, karnaval duplikat bendera merah putih dan teks Proklamasi ini digelar setiap tahun sebagai rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT).

Namun dalam rangka HUT RI ke-79, karnaval kali ini digelar berbeda.

Baca juga: Jalur Karnaval Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Hari Ini, dari Monas hingga IKN

“Biasanya (karnaval) dari Monas sampai Istana Merdeka. Kali ini kita akan membuat sejarah karena karnavalnya dari Monas hingga IKN”, kata Yusuf.

“Dari Monas kita akan menuju Halim Perdanakusuma melewati patung kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi, terus menuju Halim Perdanakusuma,” jelasnya.

Prosesi dari Monas menuju Halim Perdanakusuma akan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kurang lebih 14 kilometer. Bendera tersebut dibawa menggunakan Maung

Menariknya, duplikat bendera dan teks Proklamasi itu akan menggunakan kendaraan taktis Maung produksi Pindad kita, sekaligus menggunakan produksi nasional.

Yusuf mengatakan, karnaval ini juga merupakan pertama kalinya duplikat bendera bersejarah dan teks Proklamasi dibawa keluar Jakarta.

Baca juga: Istana Gelar Karnaval Bendera Bersejarah dan Naskah Proklamasi Besok, Masyarakat Diminta Merayakannya

Selain itu, duplikat bendera dan teks proklamasi juga baru pertama kali dibawa ke IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top