Abai Bersihkan Filter Kabin, AC Bisa Rusak

JAKARTA, virprom.com – AC atau sistem pengkondisian udara pada mobil merupakan komponen penting untuk kenyamanan berkendara, terutama saat suhu luar meningkat. Namun, banyak pemilik mobil yang sering mengabaikan pentingnya perawatan rutin filter udara kabin.

Filter kabin yang kotor atau tersumbat dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada sistem AC Anda, termasuk penurunan performa, bau tidak sedap, dan bahkan kerusakan pada komponen lainnya. Pentingnya membersihkan filter kabin secara berkala tidak bisa dianggap remeh.

“Filter kabin yang tidak dibersihkan secara rutin dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan sistem AC bekerja lebih keras,” kata Gunawan, pemilik bengkel AC Premium 99, kepada virprom.com, Jumat (08/9/2024).

Baca juga: Sampai Kapan Mobil Listrik China Menyerbu Indonesia?

Ia kemudian menjelaskan dampak dari kelalaian dalam membersihkan filter kabin mobil.

Akibatnya, kotoran dapat menumpuk yang menyebabkan kerusakan pada komponen AC seperti kipas dan evaporator, sehingga berdampak pada berkurangnya efisiensi sistem pendingin dan biaya perbaikan yang lebih tinggi, ujarnya.

Gunawan menjelaskan, jika filter kabin terlalu lama dibiarkan, kotoran yang menumpuk dapat menghalangi aliran udara dan menyebabkan AC menjadi terlalu panas.

Selain itu, udara kotor dapat menumpuk di dalam kabin sehingga menurunkan kualitas udara dan meningkatkan risiko kesehatan bagi pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Risiko Pemakaian Ban Motor yang Tidak Rata Secara Paksa

Setiap pemilik mobil sebaiknya rutin mengganti atau membersihkan filter kabin agar sistem pendingin udara tetap optimal dan memperpanjang umur komponen tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top