Rwanda Bakal Buka Kedutaan Besar di Jakarta Hari Ini

JAKARTA, virprom.com – Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengatakan Rwanda akan resmi membuka kedutaan besarnya di Jakarta hari ini.

Ia mengatakan, pembukaan kedutaan yang dipersiapkan sejak tahun lalu menandai babak baru hubungan luar negeri kedua negara.

Hal itu disampaikan Retno dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Rwanda, Vincent Biruta, di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

“Tahun lalu Rwanda bersiap membuka kedutaan besarnya di Jakarta yang akan kami luncurkan hari ini. Ini merupakan babak baru dalam hubungan Indonesia-Rwanda,” kata Retno, Kamis.

Baca juga: RI-Rwanda Tandatangani Perjanjian Bebas Visa Administrasi Paspor Diplomatik dan Dinas

Biruta saat itu menyampaikan bahwa Kedutaan Besar Rwanda di Jakarta merupakan deklarasi persahabatan yang akan menjadi penghubung penting dalam meningkatkan hubungan bilateral.

Hal ini termasuk, katanya, memfasilitasi keterlibatan diplomatik dan memberikan layanan kepada warga Rwanda di Indonesia.

Kunjungan kami ke Indonesia juga memberikan kesempatan untuk meresmikan kedutaan Rwanda di Jakarta, ujarnya.

Lebih lanjut Biruta menjelaskan, pembukaan kedutaan besar di Indonesia juga menunjukkan komitmen Rwanda dalam membangun kehadiran yang kuat dan memajukan keterlibatan diplomatik di kawasan.

Baca juga: Gambaran Rwanda yang dulu menghadapi bencana terparah, kini berubah menjadi negara terbersih di dunia.

Tidak mengherankan jika dalam pembicaraan bilateral pagi ini, kedua menteri banyak menyinggung kerja sama bilateral di berbagai sektor, termasuk investasi perdagangan, pendidikan, dan lain-lain.

“Selanjutnya, kami mempertimbangkan berbagai cara untuk memperluas kerja sama di bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama, termasuk pariwisata, kesehatan, pertahanan, dan keamanan,” jelasnya.

Sebelumnya dikutip di laman Kementerian Luar Negeri, Duta Besar RI Tri Yogo Jatmiko melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rwanda Vincent Biruta dan sejumlah pejabat lainnya seiring rencana pembukaan kedutaan Rwanda di Jakarta yang terus berlanjut.

Pertemuan tersebut akan diadakan di Kigali pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2023.

Baca juga: 30 tahun sejak genosida Rwanda yang menewaskan 800.000 orang

Dalam pertemuan tersebut, Dubes RI menekankan berbagai perkembangan dan prioritas yang mungkin ada dalam kerja sama bilateral Indonesia dan Rwanda guna menerjemahkan kedekatan politik kedua negara menjadi kesepakatan nyata yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top