Jokowi Resmikan Renovasi-Pembangunan Venue PON XXI Aceh-Sumut

virprom.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2024. Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumut ke-21 telah dimulai renovasi dan pembangunan 1.824 lapangan. Suster, Senin (09/09/2024).

Surat tersebut ditandatangani Presiden Jokowi dengan menekan tombol buzzer, dan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariyotjo menandai peresmian beberapa lokasi yang tersebar di wilayah Aceh. 

Renovasi dan pembangunan situs tersebut telah selesai di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidi dan Aceh Tengah dengan total anggaran 811 miliar.

Presiden Jokowi juga meminta pemeliharaan dan penggunaan fasilitas olahraga tetap dilanjutkan setelah perhelatan PON XXI berakhir.

Baca Juga: Peringkat PON XXI 2024: Futsal Gagal Raih Emas, Jatim Tetap Puncak

InfoPublik.id mengutip ucapan Presiden Jokowi, “Saya tidak ingin gedung-gedung yang dibangun dengan investasi besar itu terbengkalai dan akhirnya hancur setelah PON berakhir. Ini yang patut kita petik dari PON sebelumnya.

Presiden juga meminta pemerintah daerah, termasuk gubernur, resimen, dan wali kota, harus profesional dalam mengelola fasilitas tersebut agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

“Pemanfaatan tempat ini tidak hanya untuk PON saja, tapi juga sebagai wadah bagi para atlet elit untuk berkembang dan berlatih guna meningkatkan prestasi olahraganya di tingkat nasional dan internasional,” kata Kepala Negara.

PON XXI 2024 pertama kali digelar di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Utara, mempertandingkan 65 cabang olahraga, 87 cabang olahraga, dan 1.042 nomor pertandingan.

Baca juga: Pembukaan PON XXI 2024 menjanjikan keindahan dengan konsep yang kompleks

Pesta olahraga terbesar nasional itu juga menandai debut empat Daerah Otonomi Baru (DOB) – Papua Barat Daya, Papua Dataran Tinggi, Papua Tengah, dan Papua Selatan – serta tim dari Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN).

Sebanyak 13.000 atlet dari seluruh Tanah Air mengikuti kompetisi olahraga terbesar Tanah Air yang digelar hingga 20 September 2024 tersebut.

PON XXI, selain kegiatan kompetitif, akan menjadi motor penggerak penting dalam pengembangan prestasi olahraga daerah.

Aset tetap

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariyotjo berharap PON XXI Aceh-Sumut dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan olahraga di Indonesia, khususnya di Aceh dan Sumut.

Ditto dikutip InfoPublik.id mengatakan, “Fasilitas yang ada harus dijaga dengan baik dan dimanfaatkan di kawasan tidak hanya untuk PON, tapi juga untuk ajang olahraga nasional dan internasional di masa depan.”

Menpora mengatakan, pembukaan ini juga sekaligus menandakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar sepanjang sejarah yang diharapkan mampu mengangkat kualitas dan prestasi para atlet tanah air di seluruh level. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top