Kemenlu Sebut Masalah Kekerasan di Myanmar Tak Bisa Diselesaikan Dalam Semalam

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto R. Suryodipuro mengatakan, permasalahan kekerasan akibat kudeta junta militer Myanmar tidak bisa diselesaikan dalam semalam.

Meski isu ini masih menjadi perhatian pada pertemuan regional ASEAN.

Padahal, sejak awal dan sudah disampaikan Menlu pada tahun lalu, upaya diplomasi tidak dimaksudkan untuk selesai dalam semalam, ujarnya saat konferensi pers di Kamar Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. , Jumat (19/7/2024).

Indonesia sadar bahwa situasi yang terjadi di Myanmar saat ini mempunyai akar yang sudah lama.

Baca juga: Kelompok Bersenjata Myanmar Setuju Gencatan Senjata 4 Hari dengan Militer

Menurut Sidharto, kudeta yang dilakukan junta militer Myanmar pada awal tahun 2021 hanyalah salah satu perkembangan terbaik di bawah gunung es yang sangat besar.

Oleh karena itu, penanggulangan kekerasan di Myanmar tentu akan terus berlanjut, namun secara perlahan.

Upaya ASEAN, ada seruan untuk mengakhiri kekerasan, kekerasan masih terus berlanjut. Kemudian bantuan kemanusiaan juga terus berlanjut, ujarnya.

“Kemudian dilakukan upaya dialog antar semua pihak,” lanjutnya.

Karena tidak bisa diselesaikan dalam waktu semalam, Kementerian Luar Negeri akan kembali membahas permasalahan terkait Myanmar pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) ke-57.

Baca juga: 44 Migran Asal Bangladesh dan Myanmar Terdampar di Rote Ndao Dibawa ke Kupang

Menteri Luar Negeri Retno MarsudiMenlu diperkirakan akan berpartisipasi dalam 19 pertemuan, termasuk Konsultasi Informal Troika Five-Point Consensus (5PC) mengenai isu Myanmar; AMM (Sidang Paripurna dan Sidang Retret).

Kemudian ASEAN Post-Ministerial Conference (PMC) bersama Ones, bertemu dengan 11 Mitra Dialog; Pertemuan Tingkat Menteri KTT Asia Timur (EAS) ke-14; Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN Plus Three (APT) ke-25 (RRT – Jepang – Republik Korea); dan Forum Regional ASEAN (ARF) ke-31. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top