Rangkuman Hari Ke-911 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky ke Sumy Dekat Rusia | Putin Tuding Ukraina Targetkan PLTN Kursk

KYIV, virprom.com – Masih banyak lagi perkembangan baru di hari ke-911 perang Rusia-Ukraina pada Kamis (22/8/2024).

Hal ini termasuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang mengatakan dia telah pergi ke wilayah Sumy, di seberang wilayah Kursk di Rusia, tempat pasukan Ukraina melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Ukraina berusaha menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk, 50 kilometer dari pertempuran di wilayah perbatasan Rusia.

Baca juga: Ringkasan Serangan Rusia ke Ukraina ke-910: 10 Drone Targetkan Moskow | Rencana kunjungan Modi

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina selama 911 hari yang bisa Anda baca: Rusia Bilang Berhasil dalam Serangan Udara di Ukraina

Rusia mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah menghentikan beberapa serangan pesawat tak berawak dan rudal Ukraina di bagian barat negara itu, termasuk di Volgograd di mana kebakaran terjadi di kantor Kementerian Pertahanan.

Gubernur wilayah Volgograd Andrey Bocharov mengatakan Angkatan Udara Rusia menghentikan serangan drone di wilayah Marinovka dan hampir semua drone dihancurkan.

“Setelah salah satu kontainer tersebut mendarat, terjadi kebakaran di gedung Kementerian Pertahanan sebelum padam tanpa ada korban jiwa,” ujarnya di situs Telegram, seperti dilansir AFP.

Sementara itu, Gubernur Kursk, Aleksei Smirnov, mengatakan dua rudal Ukraina dan satu drone ditembak jatuh oleh pasukan Rusia.

Sementara itu, Gubernur wilayah Rostov, Vasily Golubev, mengatakan serangan lima drone berhasil dihentikan.

Drone juga dihancurkan di wilayah Voronezh dan Bryansk, kata pihak berwenang setempat pada Kamis pagi.

Baca juga: Rekap Hari ke-909 Serangan Rusia ke Ukraina: Parlemen Ukraina Mengesahkan RUU yang Melarang Gereja Ortodoks | Rusia menuntut penangkapan kepala IAEA di New York yang akan mengunjungi PLTN Kursk Rusia

Pada hari Kamis terungkap bahwa kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) PBB Rafael Grossi berencana mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Rusia minggu depan, beberapa minggu setelah Ukraina melancarkan serangan mendadak sebagai pembalasan di wilayah tersebut.

“Kami akan mengkonfirmasi (rencana tersebut) minggu depan,” kata juru bicara IAEA. 

Sebelumnya, IAEA pada tanggal 9 Agustus mendesak Rusia dan Ukraina untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari kecelakaan nuklir yang dapat menyebabkan konsekuensi radiologi yang serius ketika konflik mendekati pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pada saat itu, Grossi mengatakan dia telah melakukan kontak dengan pihak berwenang di kedua negara dan akan terus memberikan informasi terkini kepada komunitas internasional jika diperlukan. Rusia sedang mempersiapkan akomodasi Kursk 

Pada hari Kamis, Gubernur Kursk, Alexei Smirnov, mengumumkan bahwa tempat perlindungan serangan udara telah didirikan di kota-kota di wilayah Kursk Rusia, tempat serangan Ukraina kini memasuki minggu ketiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top