Optimalkan Performa Mesin dengan Perawatan Radiator yang Tepat

JAKARTA, virprom.com – Perawatan radiator merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga performa mesin mobil. 

Radiator berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu mesin dengan mendinginkan cairan pendingin, mencegah panas berlebih, dan memastikan performa kendaraan tetap optimal.

Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, menuturkan, ada beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan secara berkala agar sistem pendingin kendaraan dapat bekerja maksimal.

Baca juga: Jangan Lupa Minta Buku Panduan Pemilik Saat Membeli Mobil Bekas

Langkah pertama adalah memastikan bahwa cairan pendingin yang digunakan memenuhi spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan.

“Pastikan menggunakan coolant baru yang memenuhi spesifikasi. Upgrade boleh, tapi downgrade tidak boleh. Disarankan menggunakan OAT (Organic Acid Technology) demi keamanan,” kata Lung Lung baru-baru ini kepada virprom.com.

Selanjutnya adalah memeriksa kebocoran pada radiator. Menggunakan radiator tester adalah alat yang direkomendasikan untuk mengidentifikasi kebocoran yang mungkin tidak terlihat.

“Gunakan radiator tester untuk memeriksa kebocoran dan periksa tutup radiator dengan radiator tester,” ujarnya.

Yang tak kalah penting adalah memperbaiki radiator sebelum mengisi cairan pendingin baru.

Baca juga: Jangan Lupa Minta Buku Panduan Pemilik Saat Membeli Mobil Bekas

“Banjir radiator sebelum mengisi cairan pendingin baru dan ganti termostat jika perlu,” ujarnya.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan pemilik kendaraan dapat menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah kerusakan yang lebih serius di kemudian hari. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top