Ini Pemicu Rusaknya Rem ABS pada Mobil

KLATEN, virprom.com – Mobil modern memiliki sistem pengereman anti-lock (ABS) untuk memberikan pengereman yang presisi dan aman.

Dengan sistem ini, setiap roda mobil dipantau oleh sensor untuk mendeteksi risiko tergelincir saat proses pengereman.

Sistem akan mengurangi gaya pengereman dengan melepaskan rem secara cepat pada bagian roda yang tergelincir. 

Baca juga: KNKT dukung rem sepeda motor ABS yang memenuhi regulasi pemerintah

Aji Dwi Nugroho, Mandor Aha Motor Yogyakarta, mengatakan sistem rem ABS berperan penting untuk mencegah roda terkunci saat pengereman.

Dengan mencegah roda terkunci, maka pengereman akan presisi dan aman karena foot drift dan lintasan terkendali, kata Aji kepada virprom.com, Jumat (30/8/2024).

Karena sistem rem ABS mencakup komponen lain, menurut Aji, rangkaian minyak remnya berbeda dengan rem hidrolik konvensional.

Baca Juga: Sepeda Motor dengan Rem ABS Punya Banyak Keunggulan

Rem ABS melibatkan sepeda motor sebagai pengatur distribusi gaya rem pada setiap roda, sepeda motor dikendalikan oleh ECU, sedangkan tenaga pedal rem menggerakkan sepeda motor, kata Aji.

Aji mengatakan, rem ABS biasanya membutuhkan perawatan yang sama seperti rem bawaan. Namun, Anda perlu lebih berhati-hati saat mengganti minyak rem.

“Rem ABS bisa dikatakan lebih sensitif jika terlambat mengganti minyak rem, karena sepeda motor dengan ABS rentan aus,” kata Aji.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengganti Minyak Rem Mobil Anda

Penggunaannya, menurut Aji, membuat air pada minyak rem naik sehingga meningkatkan risiko ABS sepeda motor rusak akibat korosi.

Oleh karena itu, penggantian minyak rem pada mobil dengan sistem ABS tidak bisa dibiarkan. Jika sudah waktunya diganti atau kualitasnya menurun, sebaiknya segera dikeluarkan dan diganti dengan tempat baru, kata Aji. .

Oleh karena itu, salah satu penyebab rem ABS pada mobil rusak adalah terlambatnya penggantian minyak rem. Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top