Komisi V Setujui Anggaran Rp 2,3 T untuk Kemendes di RAPBN 2025

JAKARTA, virprom.com – Komite V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyatakan menyetujui alokasi anggaran Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transportasi (PDTT) dalam rancangan anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2025 ( RAPBN). sebesar Rp 2,3 juta.

“Komisi V menyetujui anggaran Kementerian Masyarakat, Pembangunan Masyarakat Tertinggal, dan Migrasi sebanyak-banyaknya Rp2.314.806.849 juta untuk APBN tahun 2025,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR Hamka Batso Kadi dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI dan Kementerian. o Nuu PDTT Bahas Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian/Organisasi Masyarakat PDTT, dalam Laporan Keuangan RAPBN Tahun Anggaran 2025, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Namun, menurut Hamka, anggaran RAPBN tersebut masih kalah dibandingkan pagu PDTT Kemendes PDTT yang sebesar Rp4.379.570.000 triliun.

Alhasil, masih ada selisih Rp2.064.763.151 triliun yang harus diberikan kepada Kementerian Pertanian dan PDTT.

Baca Juga: Sugito, Dirjen Kementerian Perdesaan, Dilantik Wakil Gubernur Babel

Komisioner V bersama Kementerian Perdesaan PDTT akan berjuang untuk meningkatkan anggaran sesuai kebutuhan pagu melalui proses pembahasan RUU APBN di RND, demikian bunyi pernyataan tersebut.

Di sisi lain, Komisi V juga meminta Kemendes PDTT memberikan rekomendasi pada tahun anggaran 2025.

Pertama, Komisi V meminta Kemendes PDTT menyesuaikan alokasi anggaran tahun anggaran 2025 sesuai permintaan dan saran mereka.

“Kami meminta Kemendes PDTT meningkatkan alokasi anggaran bantuan untuk pengembangan BUMdes (badan usaha milik desa) dan wisata pedesaan,” kata Hamka.

Baca Juga: Pak Lumayang Ajukan Gugatan Usai Dipecat Kemendagri, Sebut Pemecatannya Akibat Pemilu 2024.

Selain itu, Komisi V meminta Kemendes PDTT melakukan peninjauan dan audit terhadap BUMdes untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan.

“Komisi V meminta Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Imigrasi untuk membuat sistem laporan dan peringatan untuk memantau uang masyarakat”, Dengarkan berita dan cerita pilihan kami yang langsung ke perangkat seluler di situs Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top