Begini Teknik Menyalip yang Benar Pakai Sepeda Motor

JAKARTA, virprom.com – Mengendarai sepeda motor pada jam sibuk memang melelahkan baik secara fisik maupun psikis. Pengemudi tidak dapat memutar untuk mengurangi waktu perjalanan.

Head of Safe Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati Agus Sani mengimbau pengemudi bersabar dalam segala kondisi.

Menurut dia, pengemudi tidak dianjurkan untuk menyalip. Sebab jika salah bisa berujung pada tawuran antar pengguna jalan, bahkan yang paling parah bisa terjadi kecelakaan.

Baca juga: Teknik Menyalip yang Benar Menggunakan Transmisi Manual

“Oleh karena itu, jangan menyalip apapun, baik dalam kondisi jalan kosong maupun sibuk. “Faktor teknis dan non teknis harus selalu diperhatikan,” kata Agus dalam keterangan resmi (28/8/2024).

“Hal-hal seperti ini harus menjadi perhatian khususnya bagi para pengguna sepeda motor agar terhindar dari berbagai hambatan jalan dan berpotensi lebih buruk lagi,” ujarnya.

Agus juga mengingatkan pengendara sepeda motor untuk selalu menaati aturan rambu lalu lintas yang berlaku.

Selain itu, selalu perhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, jaket dan surat-surat bawaan berkendara.

Baca Juga: NJKB Habis, Ini Kisaran Harga Hyundai Santa Fe

Faktor teknis yang perlu dipertimbangkan dalam persiapan meliputi:

1. Pastikan Anda menggunakan lampu sein saat menyalip, karena ini akan menjadi penanda bagi pengemudi di belakang Anda. Jangan langsung memotong saluran karena dapat berbahaya.

2. Saat hendak menyalip mobil, periksalah kondisi jalan. Jangan dipaksakan jika terlalu sempit, hal ini biasa terjadi saat jalanan sedang ramai.

3. Jangan abaikan rambu-rambu jalan Jika ingin menyalip mobil, lakukan dengan rambu-rambu jalan yang berselang-seling, bukan rambu-rambu jalan terus menerus.

Baca juga: MPV BYD siap diluncurkan pada akhir Agustus 2024

Sedangkan faktor non teknis yang perlu diperhatikan dalam persiapan antara lain:

1. Bukan saat kita sedang emosi, namun faktor emosional ternyata bisa mempengaruhi kemampuan kita dalam melewati kendaraan dengan tidak sabar dan ugal-ugalan. Sebaiknya kondisi tenang agar proses menyalip bisa dilakukan dengan aman.

2. Selalu berhati-hati saat berkendara dan waspadai keadaan sekitar di jalan. Pandangan Anda harus selalu mengarah ke depan, sesekali fokus ke kiri atau ke kanan dan melihat ke kaca spion untuk mengikuti kendaraan.

3. Pastikan tidak cepat lelah Terkadang pengendara ingin buru-buru sampai tujuan karena kelelahan. Segera menepi dan istirahat, karena kelelahan dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat berkendara. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top