Kepala CIA: Proposal Gencatan Senjata Gaza Lebih Rinci akan Diajukan Lagi

LONDON, virprom.com – Kepala perunding AS William Burns, yang juga mengepalai CIA, mengatakan proposal gencatan senjata yang lebih rinci di Gaza akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

Dapat dipahami bahwa pimpinan CIA terus bekerja keras dengan mediator Qatar dan Mesir untuk menemukan proposal gencatan senjata yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Perang di Gaza telah berlangsung selama 11 bulan dan usulan gencatan senjata belum disepakati.

Baca Juga: Hampir setahun perang di Gaza, peluang gencatan senjata sangat kecil

“Kami akan mengajukan proposal yang lebih rinci ini, saya harap dalam beberapa hari ke depan, dan kita akan lihat nanti,” kata Burns, berbicara di acara Financial Times di London.

Dalam acara tersebut, Burns didampingi Richard Moore, kepala badan intelijen luar negeri MI6 Inggris, seperti dilansir Reuters, Sabtu (7/9/2024).

Burns menambahkan bahwa ini adalah masalah kemauan politik dan dia berharap para pemimpin di kedua belah pihak menyadari perlunya mengakhiri perang secepatnya dengan membuat pilihan sulit.

Dia mengatakan 90 persen paragraf sudah dilewati tetapi 10 persen terakhir sering kali merupakan paragraf tersulit.

“Harapan saya, Anda tahu, mereka menyadari apa yang dipertaruhkan di sini dan bersiap untuk bergerak maju atas dasar itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut perhitungan Israel.

Baca juga: Ini Alasan Perdana Menteri Israel Kendalikan Jalur Penyeberangan Gaza-Mesir

Sementara itu, serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 41.000 warga Palestina, kata para pejabat kesehatan Gaza, yang sebagian besar meratakan wilayah tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top