Tanpa Kenaikan, FIF Pertahankan Target Kredit Motor seperti Tahun Lalu

JAKARTA, virprom.com – FIFGROUP atau perusahaan pembiayaan sepeda motor Honda mengumumkan tidak akan menaikkan target kreditnya tahun ini.

Siswadi, Chief Executive Officer FIFGROUP, mengatakan jumlah penyaluran kredit sepeda motor akan mengalami penurunan pada awal kuartal II 2024.

“Sejauh ini karena kemarin April turun, ada yang seperti itu, tapi datar saja,” kata Siswadi di Jakarta (8/7/2024).

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Tol JORR 2 Terhubung Penuh 111 Km

“Tapi angkanya, Mei 2023 dan 2024 sama-sama flat. Komposisinya sama semua, di antara kita ada mesin baru yang serba guna. Kalau FIFASTRA (kredit sepeda motor) selalu 50-60 persen portofolionya. tidak mungkin diubah,” katanya.

Siswadi menambahkan, Non-Performing Finance (NPF) atau angka kredit macet pada Mei lalu relatif masih sehat yakni di bawah 2 persen.

“(Tahun ini) flat saja sudah bagus. (Tujuannya) sama, dengan kondisi perekonomian seperti ini kita akan konservatif. Saya kira sama seperti yang diberitakan di media, bahwa kondisi perekonomian masih berjuang dengan tenang. Saya kira bahwa semua orang mengatakan hal yang sama,” kata Siswadi.

Baca Juga: Suzuki Berhenti Jual Ignis di Indonesia, Digantikan Fronx?

Sebagai informasi, FIFASTRA yang menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda mencatatkan pertumbuhan jumlah penyaluran pembiayaan sebesar 26,0 persen year-on-year (yoy) pada tahun 2023.

Tercatat penyaluran kredit sepeda motor Honda mencapai Rp 26,9 triliun dibandingkan tahun 2022 yang mencatat nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp 21,4 triliun.

Selain itu, dari jumlah unit sepeda motor Honda yang dibiayai, FIF melalui FIFASTRA juga mencatatkan pembiayaan sebanyak 1,6 juta unit pada tahun 2023, meningkat 28,3 persen yoy dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 1,2 juta unit. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top