Dorong Kaesang jadi Cagub Jakarta, Airlangga Dinilai Ingin Senangkan Jokowi

JAKARTA, virprom.com – Pengamat politik Universitas Esa Unggul, Jameeluddin Ritunga, menilai Ketua Umum Partai Golkar Irlanga Hartartu ingin merebut hati Presiden Joko Widodo dengan mengangkat putra bungsu Jokowi, Kaisang Aspire, sebagai calon gubernur Jakarta

Menurut Jamiluddin, Irlanga ingin memberikan kesan dirinyalah yang terdepan dalam memajukan keluarga Jokowi di kancah politik.

“ABS (asalkan senang) karena pembicaraan menekan Kaesang untuk mencalonkan diri di Pilgub Jakarta sepertinya hanya untuk menyenangkan hati Jokowi. Irlanga sepertinya ingin menunjukkan bahwa dia adalah pemimpin yang pro keluarga. Itu Jokowi,” Jamiluddin kata virprom.com, Minggu (14/7/2024).

Sikap serupa menurutnya ditunjukkan Irelanga saat mencalonkan putra sulung Jokowi, Gebran Rakaboming Raka, pada Pilpres 2024 dan menantu Jokowi, Bobby Nasutun, pada Pilkada Sumut 2024.

Baca juga: Golkar Mendadak Tawarkan Yusuf Hemka Gabung Kaesang di Pilkada Jakarta.

Ironisnya menurut Jamiluddin karena Golkar punya kader yang layak maju di pilkada, tapi Irlanga lebih mengutamakan keluarga Jokowi.

Golkar sebelumnya telah mengusung tiga kadernya yakni Ridwan Kamil, Ervin Aksa, dan Ahmad Zaki Iskandar sebagai calon Gubernur Jakarta pada Pilkada 2024.

Sayangnya, Irlenga lebih mengutamakan kadernya sendiri dan lebih mengutamakan keluarga Jokowi. Padahal, Golkar sudah lama dikenal memiliki banyak kader mumpuni yang mumpuni untuk menjabat gubernur, ujarnya.

Sebelumnya, Irlanga mengungkapkan, Golkar sedang mempersiapkan pengusaha Joseph Hemka untuk mendampingi Ketum PSI Kaesang Pangarp mengikuti Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Golkar Lalai Sorak Duet Kaesang dan Joseph Hemka di Jakarta.

 

Irlanga mengatakan opsi itu akan diambil jika Kaesang bersedia mencalonkan diri di Jakarta.

Dalam jumpa pers di DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis (11), Irlanga mengatakan, “Untuk mendukung Mas Kaesang jika memilih Jakarta, saya akan siapkan kader Golkar yang bergerak di bidang infrastruktur, Baba Elon (Yosef Hemka)./7/ 2024).

Sementara itu, Wakil Ketua PSI Andy Budiman mengatakan belum ada kesepakatan antara Golkar dan PSI untuk memasangkan Kaesang dan Joseph Hemka di Pilkada Jakarta.

Andy mengatakan, Kaesang belum memutuskan ikut serta dalam pilkada.

“Sampai saat ini Ketua Umum DPP PSI Mas Kaesang Pangarep belum mengambil keputusan mengenai rencana menjelang pilkada. Andy pada Jumat (12/7/2024) mengatakan, “Kami tidak akan terburu-buru dan akan memperhatikan situasi politik serta mendengarkan suara masyarakat mengenai hal ini.”

Selain itu, Mas Kaesang juga mengatakan di hadapan media bahwa koalisi Indonesia Maju (KIM) akan tetap logis dalam pemilu berdasarkan jajak pendapat. Katanya, dan saat ini Kang Emil yang juga dari tim Golkar menduduki peringkat pertama. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top