Hamas Tunjuk Yahya Sinwar sebagai Pemimpin Politik Gantikan Haniyeh

JALUR GAZA, virprom.com – Hamas menunjuk Yahya Sinwar sebagai pemimpin politik barunya pada Selasa (8 Juni 2024).

“Gerakan perlawanan Islam Hamas telah mengumumkan bahwa mereka telah memilih komandan Yahya Sinwar untuk menggantikan komandan yang terbunuh, Ismail Haniyeh, sebagai kepala biro politiknya. Semoga (Tuhan) mengampuni dia,” kata Hamas.

Beberapa menit setelah pengumuman tersebut, sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine Al-Qassam, mengatakan sebuah roket telah ditembakkan ke Israel dari Jalur Gaza.

Baca juga: Pembunuhan Haniyeh, Geopolitik di Timur Tengah Makin Bergejolak.

Penunjukan Sinwar sebagai pemimpin baru Hamas terjadi kurang dari seminggu setelah pembunuhan Ismail Hanieh di ibu kota Iran, Teheran.

Iran dan Hamas menyalahkan Israel atas pembunuhannya. Namun Israel menolak mengomentari pembunuhan tersebut.

Dengan memilih Sinwar, Hamas telah mengirimkan sinyal kuat kepada Israel bahwa Hamas akan melanjutkan perlawanannya, kata seorang pejabat senior Hamas kepada AFP.

“Pembunuhan Haniyeh, yang diyakini akan mengarah pada gencatan senjata dan pertukaran tahanan, memungkinkan Hamas memilih pemimpin yang mampu mengorganisir perlawanan dan berperang melawan musuh,” jelas pejabat tersebut.

Seorang anggota Dewan Syura Hamas mengatakan kepada AFP bahwa membunuh istrinya tidak akan menghentikan protes.

“Hamas akan tetap kuat dan koheren, dengan Sinwar sebagai pemimpinnya, memimpin konfrontasi melawan penjajah,” kata pejabat itu.

Pada saat yang sama, militer dan pejabat Israel menuduh Sinwar sebagai salah satu dalang serangan 7 Oktober di Israel, menjadikannya salah satu orang paling dicari Israel.

Baca Juga: Iran Sebut Hak Menghukum Israel Atas Pembunuhan Haniyeh Reaksi Israel terhadap berita bahwa kematian Haniyeh akan dibalas oleh Iran dan Hizbullah – Setelah kematian Haniyeh, Hamas mulai memilih pemimpin baru.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, sejauh ini setidaknya 39.653 orang telah tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top