Harga Baterai Mobil Listrik Bakal Makin Murah

JAKARTA, virprom.com – Baterai merupakan bagian penting pada kendaraan listrik. Bagian ini juga merupakan jantung dari mobil sehingga patut diperhatikan dan diharapkan.

Selain itu, harga baterai listrik sangat mahal karena rumitnya proses pembuatan dan bahannya, serta tidak banyak perusahaan yang mampu memproduksinya.

Namun, studi yang dilakukan Divisi Teknologi Otomotif Departemen Energi AS (DOE) menemukan penurunan harga baterai sebesar 90 persen dalam 15 tahun terakhir (2008 hingga 2023).

Baca Juga: Saat Membeli Head Unit, Pertimbangkan Kapasitas RAM-nya

Hal ini membantu menekan biaya kendaraan listrik dibandingkan kendaraan bermesin pembakaran dalam yang menggunakan solar atau mesin pembakaran dalam (ICE).

Selain itu, seperti dilansir Carscoops, DOE mengungkapkan bahwa pada tahun 2008, harga baterai listrik per kilowatt hour adalah US$1.415 atau setara dengan Rp22,1 juta dalam kurs mata uang.

Sedangkan pada tahun 2023 harganya turun menjadi 139 dolar AS per kilowatt hour atau sekitar 2,1 juta rupiah.

Perkiraan ini berlaku untuk mobil kecil dengan produksi kurang dari 100.000 unit per tahun.

Sebagai gambaran setara dolar AS per kWh, baterai 81 kWh untuk Tesla Model Y akan menelan biaya US$114,615 (sekitar R1,8 miliar) pada tahun 2008, dibandingkan dengan US$11,259 (Rs176,5 juta) pada tahun 2023.

Produsen mobil memperkirakan harga baterai akan terus turun di tahun-tahun mendatang. Hal ini akan mewujudkan mobil listrik yang terjangkau.

Baca selengkapnya: Perbaiki interval penggantian oli mobil Anda.

Studi lain yang dilakukan analis Gartner memperkirakan produksi mobil listrik akan lebih murah dibandingkan mobil yang menggunakan bensin pada tahun 2027.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pengembangan kendaraan dan proses gigacasting yang dapat memperlancar kegiatan produksi.

Di satu sisi, baterai dengan gigacasting lebih berat atau lebih mahal untuk diperbaiki. Ini karena sel baterai sulit diperbarui satu per satu. Sama seperti yang terjadi dengan mobil Tesla, dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan Channel WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top