Ridwan Kamil Bantah Ada Pihak Eksternal Paksa Airlangga Mundur dari Ketum Golkar

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ridwan Kamil, membantah pengunduran diri Airlangga Hartarto dari jabatan Ketua Umum karena mendapat tekanan dari pihak asing.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil, mundurnya Airlangga merupakan dinamika yang biasa terjadi di sebuah partai politik (parpol).

“Bukan (tekanan eksternal) yang juga mendengarkan media.” “Iya, apa yang disampaikan Pak Airlangga dan itu lumrah dan lumrah dalam dinamika partai,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip Kompas TV, Senin (12/8/2024).

Karenanya, Ridwan Kamil sepertinya tak perlu khawatir dengan perannya untuk maju di Pemilihan Gubernur Daerah (Pilkada) Batavia 2024.

Baca Juga: Diberitakan Airlangga, Penonton Bicarakan Kekuasaan Golkar Dimanfaatkan Beberapa Partai di Pilkada.

Sebab, mantan Gubernur Jawa Barat itu menyebut rencana pencalonan atau pemberian dukungan pada pilkada merupakan rencana struktural.

“Sambutan ini bersifat personal. Ada ratusan organisasi yang sudah memutuskan. Dan kita ini partai besar, tidak bergantung pada salah satu pihak,” kata Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, Airlangga mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Ketua Umum (Ketum) utama Partai Golkar pada Minggu, 11 Agustus 2024.

Dalam pengumumannya, Airlangga menyebut surat pengunduran diri tersebut resmi dikirimkan pada Sabtu, 10 Agustus 2024 malam.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim dan berdasarkan perintah Yang Maha Kuasa, saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai Ketua Umum DPP Golkar, kata Airlangga dalam video yang diperoleh virprom.com, Minggu.

Baca Juga: Golkar: Cawagub Ridwan Kamil di Batavia Hampir Dipastikan Kader PKS

Menko Perekonomian mengaku mundur demi menjaga keutuhan Partai Golkar dan stabilitas pergantian pemerintahan yang akan segera berlangsung.

Integritas Partai Golkar dinilai dan dijaga untuk menjamin stabilitas pergantian rezim yang diharapkan dalam waktu dekat, ujarnya. Pindah ke Pilkada di Batavia

Sementara itu, Ridwan Kamil diketahui mendapat dukungan dari beberapa pihak yang tergabung dalam Koalisi Indonesia (KIM) untuk mencalonkan diri sebagai gubernur (cagub) di Batavia.

Golkar sendiri juga mendampingi Ridwan Kamil untuk menjalankan Pilkada 2024 di Batavia.

Ridwan Kamil pun menyatakan siap menghadapi mantan Gubernur DKI Batavia Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

“Semua sudah siap,” kata Ridwan Kamil saat ditemui di depan kediaman Airlangga Hartarto di kawasan Widya Chandra Batavia, 8 Agustus.

Namun sejauh ini belum ada nama yang diumumkan sebagai Ridwan Kamil yang maju pada Pilkada Batavia 2024.

Baca juga: Airlangga Laporkan, Pengamat: Yang Jelas Semua Media yang Boleh di Golkar Dengarkan Berita dan Baca Berita Kami Langsung di Ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top