Upacara Pembukaan PON XXI 2024, Janjikan Kemegahan dengan Konsep Menantang

virprom.com- Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut akan digelar pada Senin (9/9/2024) malam.

Pembukaan ajang olahraga besar Indonesia ini mengusung konsep menantang, yakni digelar di dua tempat berbeda dalam waktu bersamaan.

Venue pertama adalah Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Sedangkan venue pembukaan lainnya adalah Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kedua tempat tersebut akan terhubung dalam serangkaian acara. Ini menjadi cerita baru dalam penyelenggaraan PON.

Upacara pembukaan PON XXI 2024 juga menjanjikan pengalaman spektakuler dengan menghadirkan perpaduan budaya Indonesia dan teknologi canggih. 

Baca juga: Tiket PON XXI Sumut Gratis, Langsung Tiba di Tempat

“Ini PON pertama yang digelar di dua provinsi dan persiapannya sangat baik,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, beberapa waktu lalu.

“Kami mencoba mengadopsi konsep besar seperti Asian Games 2018,” jelasnya.

Pusat perayaannya akan digelar di Stadion Harapan Bangsa. Acara pembukaannya akan berupa tarian besar-besaran dengan pertarungan protagonis wanita Macha, Laksamana Malahayeti.

Tarian dan rangkaian koreografi yang enerjik diharapkan dapat menggugah semangat para atlet yang akan menjalankan misinya untuk menanamkan kebanggaan pada daerahnya.

Pertunjukan kembang api yang digelar sebanyak dua kali dalam rangkaian upacara ini diharapkan menambah kemeriahan.

Pesta kembang api pertama akan diawali dengan penyalaan kuali api PON yang berlangsung selama satu menit, kata Ketua Upacara PON XXI Aceh-Sumut, Wilayah Aceh, Aker Arafat.

Kemudian akan ada pesta kembang api di penghujung acara pada pukul 22.30 WIB.

“Kembang api pada pembukaan ini akan menyala besar di angkasa dan tentunya suaranya juga akan sangat nyaring,” ujar pria yang biasa disapa Akhar itu.

“Saya berharap penonton tidak kaget dan justru menikmati keindahan yang dihadirkan saat pembukaan,” jelasnya.

Baca Juga: Eko Yuli raih emas dan personal best PON XXI 2024 usai cedera di Olimpiade 2024

Upacara pembukaan PON XXI 2024 akan dimulai pukul 19.00 WIB atau usai salat Isya. Kebijakan ini diterapkan untuk menghormati budaya dan tradisi lokal masyarakat Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top