Pembangunan RS Kemenkes Surabaya Telan Rp 2 Triliun, Jokowi: Seperti Hotel Bintang Lima

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo menyebut gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Surabaya yang dibuka hari ini ibarat hotel bintang lima.

Hal itu disampaikannya saat meresmikan gedung RS Kemenkes Surabaya saat kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur, Jumat (09/06/2024).

Ia berharap keberadaan RS Kementerian Kesehatan ini bisa mendorong lebih banyak masyarakat berobat ke Indonesia ketimbang ke luar negeri.

“Dan kami juga tidak ingin kami yang sakit ke Singapura, ke Malaysia.” Kalau rumah sakitnya seperti yang kita lihat sekarang, saya masukkan seperti hotel bintang lima,” kata Jokowi. , demikian disampaikan dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (09/06/2024).

Baca Juga: Jokowi Buka RS Kemenkes Surabaya dengan Anggaran Rp 2 Triliun

Kepala negara mengatakan pembangunan rumah sakit dengan 867 tempat tidur ini akan menelan biaya hingga 1,6 miliar.

Sedangkan pembelian alat kesehatan senilai 368 miliar. Rp, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) menelan biaya 50 miliar.

Total biaya yang dikeluarkan berjumlah lebih dari 2 miliar. Rp.

“Anggarannya besar sekali Rp 1,6 triliun. Selain peralatan, baru konstruksi, Rp 368 miliar. Itu Surabaya, Jawa Timur, nanti sebagian jadi pusat di Indonesia Timur. Dan ada lagi sumber daya manusianya. anggaran sebesar Rp 50 miliar, “Jadi biayanya besar,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Rumah Sakit yang Baik Akan Terhindar dari Kerugian Devisa Rp 180 Triliun

Menurut Jokowi, pemerintah tidak masalah mengeluarkan anggaran sebesar itu selama pelayanan kesehatan kepada masyarakat membaik.

Selain itu, Jawa Timur menduduki peringkat ketiga setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah dengan angka kematian tertinggi akibat stroke, serangan jantung, dan kanker.

Pelayanan rumah sakit yang baik juga akan membuat Indonesia terhindar dari 180 miliar Kerugian Rp per tahun.

“Hati-hati, pembangunan RS Kemenkes di Surabaya ini sangat penting (dalam menurunkan angka kematian),” jelasnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top