Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif Impor dari Pemerintah

JAKARTA, virprom.com – Pemerintah telah melakukan beberapa langkah untuk mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan insentif impor mobil listrik.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 Tahun 2024 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Impor dan/atau Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Aki Roda Empat Tertentu. Kendaraan Bermotor Listrik Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2024.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Dapat Insentif PPN Tahun 2024

Dalam beleid tersebut diatur bahwa insentif pajak terhadap mobil yang diimpor secara keseluruhan alias utuh (CBU) dan dirakit di dalam negeri atau dibongkar seluruhnya (CKD), diberikan 100 persen atau gratis dan akan didukung oleh pemerintah (DTP). ).

Dalam PMK tersebut juga disebutkan bahwa Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang harus dibayar atas impor beberapa Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda empat CBU harus dibayar oleh pemerintah sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1, adalah 100 persen. dari jumlah pembayaran PPnBM.

Namun, bukan berarti perusahaan terkait bebas mengimpor mobil. Sebab, dalam salah satu aturannya, produsen wajib membangun fasilitas manufaktur dan/atau meningkatkan produksi mobil listrik selama masa impor atau akhir tahun 2025.

Baca juga: Daftar Harga Kendaraan Listrik Juli 2024, SUV Mercy EQE Naik

Ketentuan pemberian insentif dijelaskan pada Pasal 19 A ayat 3 yaitu bagi perusahaan yang berkomitmen untuk memproduksi KBL Berbasis Baterai dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu mempunyai persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Oleh karena itu, pabrikan terkait harus lebih banyak memproduksi mobil impor berbasis CBU. Jika tidak memenuhi syarat atau komitmen, ada ancaman sanksi bagi perusahaan yang bersangkutan.

Berikut daftar mobil listrik yang mendapat insentif impor: – PT BYD Motor Indonesia (BYD): Saat ini menjual tiga model yaitu Dolphin dengan harga 425 juta (OTR Jakarta), Atto 3 dengan harga Rp 515 juta. (OTR Jakarta), dan Seal mulai dari Rp 629 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 719 juta (OTR Jakarta).- PT Indomobil National Distributor (Citroen): Saat ini hanya ada satu model yang dijual yaitu E-C3. All Electric dijual dengan harga Rp 377 jutaan (OTR Jakarta).- PT Indomobil Energi Baru (GAC Aion): Saat ini hanya dijual satu model baru yaitu Aion Y Plus dengan harga mulai Rp 415 jutaan (OTR Jakarta) hingga Rp 475 juta (OTR Jakarta). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top