Google Meet Kini Bisa Bikin Notula Rapat Otomatis dengan AI

virprom.com – Platform konferensi video Google Meet merilis fitur baru bernama “Notice Me” pada Selasa (27 Agustus 2024).

Fitur ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) milik Google yang pertama kali diumumkan Google pada konferensi Cloud Next Agusuts 2023. Setelah setahun, fitur ini akhirnya tersedia untuk pengguna.

Sesuai dengan namanya, fitur AI Take Notes for Me bertugas untuk mencatat notulen atau catatan rapat.

Fitur ini mirip dengan alat transkripsi di Google Meet. Bedanya, fitur AI take note for me hanya akan merangkum apa yang diucapkan setiap orang dan tidak akan mencatat apa yang dikatakan setiap peserta rapat.

Baca juga: 2 Cara Merekam Google Meet Saat Rapat Tanpa Berlangganan Berbayar

Saat ini, Note to Me hanya tersedia saat menggunakan Google Meet di komputer atau laptop, dan rapat harus dilakukan dalam bahasa Inggris lisan.

Fitur baru ini diharapkan dapat membuat rapat menjadi lebih efisien dan efektif. Dengan mencatat secara otomatis, peserta dapat lebih fokus pada diskusi dan kolaborasi

Namun belum diketahui seberapa akurat hasil notulen yang dihasilkan fitur Notes to Me di Google Meet. 

Jika diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis menulis ke Google Doc. Setelah rapat berakhir, penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur ini akan menerima email berisi link ke dokumen catatan rapat yang dibuat.

Dokumen komentar juga akan dilampirkan ke acara kalender, sehingga peserta rapat internal dapat mengaksesnya. 

Jika peserta terlambat menghadiri rapat, Google mengatakan fitur barunya akan memberikan ringkasan dari apa yang telah dibahas sebelumnya. 

Baca juga: 5 alat AI untuk transkripsi audio dan video yang lebih realistis

Selain itu, jika peserta menggunakan alat perekaman dan transkripsi Google Meet secara bersamaan, link ke file tersebut akan disertakan dalam Google Dokumen yang sama dengan catatan rapat.

Fitur AI Take Notes for Me diluncurkan secara bertahap kepada pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, atau AI Meets & Messaging.

Google berharap peluncurannya ke seluruh pelanggan Google Workspace bisa selesai dalam waktu 15 hari atau paling lambat 10 September 2024, demikian informasi yang dihimpun KompasTekno dari blog Google, Kamis (29 Agustus 2024). Dengarkan koleksi berita dan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top