Apa Penyebab Badan Terasa Lemas? Berikut 29 Daftarnya…

virprom.com – Tubuh yang lemas perlahan bisa pulih dengan sendirinya, namun bisa terjadi dalam jangka panjang. Namun, apa yang menyebabkan tubuh menjadi lemas?

Ternyata badan lemas bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, seperti influenza atau hepatitis.

Namun, banyak masalah kesehatan seperti sindrom kelelahan kronis, penyakit jantung, dan gangguan metabolisme dapat menyebabkan kelemahan dan kelesuan.

Kondisi tersebut biasanya dapat diobati tergantung penyebabnya, seperti mengonsumsi obat dan menjalani perawatan medis tertentu.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini mengenai beberapa penyebab tubuh lemas yang perlu Anda ketahui dan kapan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Kalau Ngantuk Berkali-kali, Apa Gejalanya? Ini daftar 10… Kenapa badan terasa lemas?

Ada banyak penyebab tubuh merasa lemas, seperti anemia, depresi, insomnia, dan diabetes.

Selain masalah kesehatan tertentu, kelemahan pada tubuh dapat disebabkan oleh berbagai jenis obat-obatan dan masalah kesehatan yang terjadi secara alami seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, berikut beberapa penyebab tubuh lemas yang patut Anda ketahui. Beberapa masalah kesehatan

Masalah kesehatan tertentu dapat membuat tubuh lemah dan lamban, seperti: flu, gangguan paru-paru, nyeri kronis, gangguan tiroid, hipotiroidisme, penyakit celiac, sindrom kelelahan kronis, fibromyalgia, depresi dan kecemasan, gangguan kesehatan mental seperti insomnia, sleep apnea, gangguan metabolisme seperti gangguan diabetes yang tidak terkontrol atau tidak diobati, penyakit kardiovaskular, seperti gagal jantung kongestif, serangan jantung dan stroke, kekurangan nutrisi, seperti kekurangan vitamin B12, kanker, kelainan darah, seperti anemia, gangguan otot seperti distrofi otot. , gangguan neurologis seperti multiple sclerosis dan Parkinson

Kelemahan fisik dan kelesuan akibat kanker biasanya muncul secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Namun, rasa lemas yang tiba-tiba bisa jadi disebabkan oleh serangan jantung atau stroke, sehingga memerlukan perhatian medis segera.

Baca Juga: Badan Lemas dan Mengantuk? Berikut adalah daftar 8… efek samping obat

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kelemahan pada tubuh. Banyak jenis obat yang dapat menyebabkan lemas dan mengantuk, misalnya: obat penenang ringan untuk mengatasi kecemasan. Obat yang mengendalikan tekanan darah tinggi. Antihistamin untuk mengendalikan kolesterol tinggi.

Kalaupun menimbulkan efek samping seperti lemas, Anda yang mengonsumsi obat-obatan tersebut disarankan untuk tidak menghentikan pengobatan atau mengubah dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter. Proses penuaan

Masalah kesehatan tertentu dapat muncul sebagai bagian dari proses penuaan alami dan menyebabkan kelemahan sebagai salah satu gejalanya. Beberapa masalah kesehatan tersebut antara lain: Gangguan otot tertentu yang menyebabkan hilangnya jaringan dan kekuatan otot secara bertahap Radang sendi, atau radang sendi Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) Gangguan ginjal Gangguan cinta Insomnia atau masalah terkait tidur lainnya

Beberapa gangguan kesehatan di atas dapat menyebabkan seseorang merasa lemas, termasuk kelemahan pada salah satu bagian tubuh atau seluruh tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top