Paus Fransiskus Tanda Tangani Deklarasi Jakarta-Vatikan

KOTA VATIKAN, virprom.com – Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Audience Hall Paulus VI saat bertemu dengan GP Ansar dan Ketua Umum Organisasi Pemuda Lintas Agama, PP Pemuda Muhammadiyah, Katolik. anak muda , PERADAH Indonesia, dan GAMKI (Gerakan Pemuda Kristen Indonesia).

Pertemuan tersebut berlangsung pada Rabu (21/8/2024) di Vatikan. Isi pengumuman diberikan di bawah ini:

Tema Deklarasi Jakarta-Vatikan adalah “Keadilan dan Perdamaian bagi Dunia”.

Baca juga: Paus Fransiskus ditengah kritik dari kaum konservatif dan liberal

Kami, Pemuda Lintas Agama, berkomitmen untuk:

1. Menjadi generasi muda bangsa Indonesia yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai energi positif bagi peradaban dunia;

2. Mengajak generasi muda dunia membangun masyarakat dunia yang menganut prinsip toleransi, persatuan dan gotong royong;

3. Mendukung dan menyebarkan gagasan dan nilai-nilai yang terkandung dalam Dokumen Komunitas Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan (Dokumen Abu Dhabi) untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

Vatikan, 21 Agustus 2024

Ditandatangani oleh

– Ketua Umum PP GP Ansar Adinzoruddin 

– Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stephens Ast Gusma

– Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Zulfikar Ahmad Tawala

– Presiden Majelis Umum Martin Philippe Sinurt bersama DPP GAMKI 

– Ketua Umum DPN Layar Indonesia I Gede Aryawan 

– Ketua Umum Gema Konfusius Chris Tan

Baca Juga: Bagaimana Paus Fransiskus Mengubah Wajah Gereja Katolik Kisah Dibalik Terpilihnya Paus Fransiskus Mengenal Citra dan Pemikiran Paus Fransiskus

Sekretaris Jenderal GP Ansar Adinzoharuddin mengatakan pertemuan itu tidak biasa. Paus Fransiskus menerima kepemimpinan organisasi pemuda antaragama di Vatikan.

“Beliau sangat menghormati Indonesia, Pancasila, bahkan bersedia menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan yang digagas oleh pemuda lintas agama Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers.

Pertemuan dengan Paus Fransiskus ini bukan yang pertama dan bukan yang terakhir karena OKP Interfaith akan melakukan tur perdamaian dunia bertemu Grand Sheikh Al Azhar, peraih Nobel Perdamaian dan tokoh dunia lainnya, tambah Gus Edin.

“Untuk mewujudkan cita-cita Deklarasi Jakarta-Vatikan, kami juga akan membangun sekretariat pemuda lintas agama kawasan Asia-Pasifik di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Pentingnya Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia… Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top