Temui Jokowi, Majelis Rakyat Papua Harap Diundang Upacara 17 Agustus di IKN

JAKARTA, virprom.com – Dewan Rakyat Papua (MRP) meminta Presiden Joko Widodo mengundangnya mengikuti perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Papua. kepulauan Kalimantan Timur. (IKN).

Hal itu disampaikan Ketua MRP Papua Tengah dan Koordinator MRP Papua Agustinus Anggaibak pada Rabu (12/6/2024) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Kami mendukung pengembangan IKN dan kami telah meminta Presiden untuk ikut serta dalam upacara yang akan dilaksanakan di IKN pada 17 Agustus 2024,” kata Agustinus, Rabu.

Oleh karena itu, kedepannya pimpinan MRP asal Papua dapat diundang untuk mengikuti upacara kemerdekaan yang akan dilaksanakan di IKN pada tanggal 17 Agustus 2024, imbuhnya.

Baca juga: Jokowi, Megawati dan SBY Diundang Hadiri Upacara HUT RI di IKN

Ia mengetahui, MRP merupakan lembaga kebudayaan setingkat DPR Papua yang resmi dibentuk oleh negara. Maka, MRP ingin ikut serta dalam acara bersejarah kenegaraan itu, upacara pertama yang digelar di IKN pada 17 Agustus mendatang.

Makanya kita juga ikut merayakan kemerdekaan negara ini, tidak masalah. Oleh karena itu, kami mohon kepada Presiden untuk mengajak kita berpartisipasi agar tanggal 17 Agustus bisa kita rayakan bersama di IKN, karena ini ibu kota baru,” ujarnya.

Selain upacara tersebut, MRP juga menyampaikan beberapa aspirasi lainnya, antara lain pemekaran kembali wilayah Papua menjadi wilayah Mimika Timur dan Mimika Barat.

Menurutnya pemekaran provinsi Papua yang dilakukan memberikan dampak baik bagi masyarakat Papua, baik dalam peningkatan pembangunan daerah maupun pembangunan ekonomi.

Baca juga: Cara Mendapatkan Tiket Masuk Ancol Promo HUT DKI Jakarta

“Bagus, jadi tidak ada masalah. Yang kita minta sekarang, kita minta lebih, (permintaan) itu yang dibutuhkan masyarakat, makanya kita penuhi,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 rencananya digelar di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mengatakan, upacara di IKN dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan upacara di Istana Kepresidenan Jakarta akan dipimpin Wakil Presiden Maruf Amin dan didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Panitia HUT ke-79 RI Siapkan 2 Skenario, Heru Budi: Di ​​Jakarta dan IKN

“Iya (naskahnya ada di dua tempat), ada yang di IKN dan ada yang di sini (Istana Jakarta). Wapres ada di sini, lalu di IKN, Insya Allah Pak Presiden langsung,” kata Palasyo. Kompleks, Jakarta.

“Wakil presiden terpilih bergabung dengan wakil presiden, dan presiden terpilih bergabung dengan presiden,” imbuhnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top