Diabetes Tidak Boleh Makan Buah Apa? Berikut 5 Daftarnya…

virprom.com – Beberapa jenis buah-buahan mengandung banyak gula sehingga dapat meningkatkan gula darah, terutama pada penderita diabetes. Lalu buah apa saja yang tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes?

Ternyata penderita diabetes disarankan untuk membatasi atau menghindari jenis buah tertentu seperti kurma kering, mangga, nanas, kismis, dan semangka.

Bagi Anda penderita diabetes sebenarnya boleh mengonsumsi buah apa saja, namun dalam porsi kecil dan diimbangi dengan protein dan lemak sehat.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa jenis buah yang tidak diperbolehkan bagi penderita diabetes dan jenis buah yang direkomendasikan di bawah ini.

Baca juga: Buah Apa Saja yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes? Berikut daftar 12… Buah apa saja yang tidak boleh dimakan penderita diabetes?

Ternyata penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kurma kering, mangga, nanas, kismis, dan semangka, apalagi berlebihan.

WebMD melaporkan bahwa beberapa jenis buah memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi, atau di atas 55, sehingga akan meningkatkan gula darah secara signifikan jika dikonsumsi berlebihan.

Indeks gula beberapa jenis buah adalah : Kurma kering : 62 Mangga : 60 Nanas : 58 Kismis : 66 Semangka : 76

Meski memiliki indeks glikemik yang tinggi, penderita diabetes tetap disarankan untuk memasukkan buah-buahan ke dalam menu hariannya.

Pasalnya buah-buahan mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Mayo Clinic melaporkan bahwa penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi buah, namun kandungan karbohidrat buah yang dikonsumsi tidak boleh melebihi 15 gram.

Artinya, porsi buah yang dikonsumsi bergantung pada kandungan karbohidrat pada buah tersebut.

Bagi Anda penderita diabetes bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah buah yang boleh dikonsumsi untuk mencegah gula darah tinggi.

Baca juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang? Berikut penjelasannya… Buah-buahan baik untuk penderita diabetes

Buah-buahan mengandung vitamin, fitokimia dan zat alami lainnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Namun, penderita diabetes bisa mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan karena memiliki risiko komplikasi atau penyakit kronis yang lebih rendah.

Beberapa jenis buah yang cocok untuk penderita diabetes, yakni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top