Rangkuman Hari Ke-902 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Tawarkan Perdamaian Adil | Biden Buka Suara soal Serangan ke Kursk

virprom.com – Mengingat Selasa (13/8/2024) merupakan hari ke-902 perang antara Rusia dan Ukraina, banyak hal baru yang masih terjadi.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan semakin cepat Rusia menyetujui “perdamaian yang adil”, semakin cepat Kiev menghentikan serangan di perbatasan.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan serangan Ukraina terhadap perbatasan Rusia menciptakan “situasi sulit” bagi Presiden Vladimir Putin.

Baca juga: Update Hari 901 Invasi Rusia ke Ukraina: Rusia Tertekan | Ketahui kemajuan Ukraina

Untuk lebih jelasnya, berikut update Hari ke-902 invasi Rusia ke Ukraina yang bisa Anda baca: Ukraina menyatakan tidak berminat melakukan aneksasi untuk menguasai wilayah Kursk di Rusia.

Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka tidak tertarik dengan kendali atau kendali jangka panjang atas wilayah Kursk yang direbut oleh Rusia.

Mereka juga mengatakan bahwa operasi di sana sepenuhnya sah.

“Ukraina tidak tertarik untuk menguasai wilayah Kursk… Tindakan Ukraina sepenuhnya ilegal,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Georgy Tikhy dalam konferensi pers seperti dilansir AFP. Rusia mengatakan pihaknya telah menghentikan serangan terbaru Ukraina terhadap Kursk

Di sisi lain, Rusia pada Selasa mengatakan pihaknya “menyesatkan” serangan baru Ukraina di wilayah Kursk, tempat Kiev melancarkan serangan darat sejak Selasa (8/7/2024).

“Kami menghentikan upaya kelompok musuh untuk menembus jauh ke wilayah Rusia menggunakan kendaraan lapis baja,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pengarahan harian.

Baca juga: Ringkasan Hari ke-900 Sejak Invasi Rusia ke Ukraina: Ledakan Nuklir | Kursk kalah dari Rusia Ukraina Kepanikan: jika Rusia setuju dengan perdamaian, maka…

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa semakin cepat Rusia menyetujui “perdamaian yang adil”, semakin cepat Ukraina akan menghentikan serangan di perbatasan.

“Semakin cepat Rusia setuju untuk memulihkan perdamaian yang adil…, semakin cepat serangan pasukan keamanan Ukraina di wilayah Rusia akan berhenti,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Menteri Luar Negeri Ukraina Georgiy Tikhy dalam konferensi pers. Putin mendukung Palestina

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada hari Selasa bahwa Moskow prihatin dengan jatuhnya korban sipil di Gaza.

“Kami sangat prihatin atas hilangnya nyawa warga sipil. Kami akan melakukan segalanya…untuk mendukung Palestina dan rakyat Palestina,” ujarnya, seperti dikutip AFP.

Menurut Putin, satu-satunya cara untuk membangun perdamaian, kepercayaan, dan stabilitas abadi di kawasan adalah dengan menerapkan semua resolusi PBB dan “mendirikan negara Palestina seutuhnya”.

Abbas kemudian mengatakan kepada Putin: “Kami menganggap Rusia sebagai salah satu sahabat terdekat rakyat Palestina.”

Baca Juga: Ringkasan Hari ke-899 Invasi Rusia di Ukraina: Rusia Evakuasi 76.000 Warga Kursk | Zelensky mengakui adanya invasi ke wilayah Rusia 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top