Kloter SUB 106 Jadi Kloter Terakhir Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

JEDDAH, virprom.com- Rombongan yang terbang dari Surabaya atau SUB 106 menjadi rombongan terakhir jamaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Suci. Kedatangan rombongan SUB 106 sekaligus menandai berakhirnya fase kedatangan haji Indonesia 1445 Hijriah/2024 M di Tanah Suci.

Pada hari terakhir kedatangan, 3 rombongan yakni SUB 104 dan SUB 105 mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah untuk berangkat ke Surabaya, masing-masing membawa total 371 jamaah. Sedangkan rombongan SUB 106 dengan total 324 jamaah mendarat di Jeddah pada pukul 05:43 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 09:43 WIB.

Abdillah, Kepala Wilayah Kerja Bandara, mengatakan kedatangan jemaah haji hari ini mengakhiri operasional normal kedatangan jemaah haji ke Arab Saudi.

Kedatangan SUB 106 menandai berakhirnya layanan kedatangan paket kedua di Bandara Jeddah dan juga berarti seluruh jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi, ujarnya, Selasa (11/6/2024), seperti dilansir virprom.com. . . jurnalis, anggota Hajj Media Center (MCH) 2024, Khairina.

Baca Juga: Polri Kerahkan 7 Polisi Sebagai Petugas Ibadah Haji, Ini Tugasnya

Kedatangan jemaah haji tahap pertama akan dimulai pada tahun 2024. 12 Mei Sebanyak 229 rombongan dengan total 88.987 jamaah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Sementara itu, jemaah haji gelombang kedua kedatangan sebanyak 124.288 orang dengan total 324 rombongan yang mendarat di Bandara Internasional Jeddah.

Abdillah mengatakan, perjalanan ibadah haji dari Gelombang 1 dan 2 secara umum berjalan baik.

Alhamdulillah semuanya berjalan baik, pihak-pihak terkait bekerja sama dengan baik dalam masalah keimigrasian, kami bekerja sama dengan KJRI untuk menyelesaikan masalah ini dan semuanya berjalan baik, jelasnya.

“Kalaupun ada permasalahan barang milik gereja, alhamdulillah bisa diselesaikan dengan baik, dan barang milik gereja tidak disita saat dilakukan pemeriksaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan SUB 106 Azis Muslim menyampaikan rasa syukurnya karena seluruh masyarakat tiba di Jeddah dengan selamat dan bahagia. Sesampainya di sana, masyarakat istirahat sejenak di hotel dan dilanjutkan dengan ibadah umrah wajib. Terkait kebijakan Murur di Muzdalifa, Kelompok 106 juga mendaftarkan 9 jemaahnya untuk mengikuti sistem Murur melalui Mabit di Muzdalifa.

“Beberapa jamaah sudah kita daftarkan, di Murur sudah kita daftarkan 9. Kita lihat di Armuzna tidak mungkin bisa melayani karena alasan kesehatan,” kata Azis.

Baca Juga: Tim Haji DPR Minta Pengawasan dan Kerja Sama Lintas Negara Atasi Krisis Jemaah Haji Bebas Visa

Sementara itu, petugas haji di Bandara Daker menyambut baik persiapan Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) dan berangkat ke Mekkah.

Nantinya kita akan bergerak menuju Makkah untuk memperkuat dan mengoordinasikan persiapan ibadah haji terbesar di Armuzna, kata Abdillah.

“Petugas Bandara Daker sedang bertugas khusus di Muzdalifah,” lanjutnya. Artinya, petugas akan mengecek kesiapan di Muzdalifah mulai dari fungsi toilet Muzdalifah, ketersediaan air, hingga memastikan seluruh fasilitas yang ada dalam keadaan baik. dekat

Abdillah meminta agar jamaah mencapai puncak haji dalam beberapa hari mendatang, yang memerlukan persiapan fisik dan persiapan salat.

“Tentunya masyarakat dapat membatasi aktivitas fisiknya untuk mempersiapkan fisik menjelang puncak haji.” Kalaupun melaksanakan salat wajib, bisa dilakukan di masjid terdekat hotel atau di musala yang disediakan pihak hotel. – menyimpulkan.

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Zulhijjah 1445 H jatuh pada hari Jumat tahun 2024. 7 Juni Oleh karena itu, Wukuf Arafah 9 Zulhijjah 1444 H sama dengan hari Sabtu 2024. 15 Juni Sementara itu, Idul Adha 10 Dz bertepatan dengan Minggu (16/06/2024). Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top