Kiper Keturunan Belanda Maarten Paes Resmi Jadi WNI

virprom.com – Kiper keturunan Belanda Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (VNI), usai pemain FC Dallas itu diambil sumpahnya di Jakarta, Selasa (30 April 2024).

Marten dikutip dari situs Kementerian Hukum dan Keamanan di Jakarta dan diambil sumpahnya di Aula Kementerian Hukum dan Kanwil HAM DKI Jakarta.

Upacara pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil, R. Andika Twee Babi. “Saya harap kalian memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Andika.

Dokumentasi foto Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta memperlihatkan Marten mengenakan jaket hitam dan peci hitam saat mengucapkan sumpah kewarganegaraan.

Baca juga: Irak Yakin Bisa Kalahkan Timnas Indonesia di Olimpiade Paris

Misalnya saja Marten yang bisa diundang pelatih Shin Tae-jong untuk memperkuat timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kendati demikian, belum diketahui kapan Marten Paes layak membela timnas Indonesia.

Pasalnya, status Marten Paes masih menjadi perdebatan.

Maarten Paes ternyata membela tim Belanda U-21 pada laga kualifikasi Piala Eropa U-21 2021, saat usianya sudah menginjak 22 tahun.

Berdasarkan aturan FIFA, seorang pemain dapat pindah dan bermain untuk tim nasional lain jika ia berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali bermain dalam pertandingan resmi untuk tim junior atau senior.

Alhasil, kini kasus Marten Paes diumumkan harus dibawa ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir beberapa waktu lalu sudah bersedia memberikan banyak bukti terkait keabsahan Maarten Paes bisa membela timnas Indonesia.

“Marten Paes masih sibuk ya,” kata Eric Tohir kepada awak media.

“Sekali lagi, kami (PSSI) punya data konkrit.”

Baca juga: Pelatih Uzbekistan Marah Anaknya Gagal Cetak Gol untuk Timnas U23 Indonesia

“Iya, ada buktinya,” lanjut Menteri BUMN itu.

Jika ingin segera menjalani debut di Timnas Indonesia, Marten Paes hanya punya waktu sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top