Intel Luncurkan Lunar Lake Core Ultra 200V, Prosesor Irit untuk AI PC

virprom.com – Rencananya, pada ajang IFA 2024 yang digelar di Jerman pekan ini, Intel menghadirkan jajaran prosesor seri Core Ultra 200V untuk PC atau laptop AI dengan kemampuan pemrosesan kecerdasan buatan.  

Seri prosesor yang sebelumnya dikenal dengan nama “Lunar Lake” ini memiliki 9 model yang semuanya memiliki 8 inti CPU (8 thread) dalam konfigurasi 4 inti kinerja dan 4 inti efisiensi.

Kesembilan model tersebut terdiri dari Core Ultra 5 226 V, Core Ultra 5 228 V, Core Ultra 5 236 V, Core Ultra 5 238 V, Core Ultra 7 256 V, Core Ultra 7 258 V, Core Ultra 7 266 V, Core Ultra 7 268 Inti Ultra dan V. .

Inti kinerja Lunar Lake menggunakan arsitektur baru yang disebut “Lion Cove”, sedangkan inti efisiensi didasarkan pada arsitektur “Skymont” yang juga baru. Pembuatannya dilakukan oleh TSMC dengan proses manufaktur 3nm.

Baca juga: Intel berjanji CPU Lunar Lake dan Arrow Lake tidak akan terpengaruh oleh masalah ketidakstabilan

Perbedaan antara model prosesor seri Intel Core Ultra 200V adalah frekuensi pengoperasian, jenis GPU terintegrasi, daya dasar, kapasitas RAM, dan jumlah memori cache.

Intel mengintegrasikan RAM LPDDR5-8533 ke dalam paket prosesor Core Ultra 200V. Tergantung modelnya, pilihan kapasitasnya adalah 16 GB dan 32 GB. Karena sudah termasuk dalam paket prosesor, maka kapasitas RAM tidak dapat ditingkatkan oleh pengguna sendiri.

Model andalan dari jajaran prosesor Intel Core Ultra 200V adalah Core Ultra 9 288V yang merupakan model andalan dengan frekuensi boost clock hingga 5,1 GHz, RAM LPDDR5-8533 32 GB, dan daya dasar minimal 17 watt.

Model di bawahnya, Core Ultra 7 268V, memiliki spesifikasi yang sama, namun dengan frekuensi CPU dan GPU yang lebih rendah serta daya minimal hanya 8 watt. Itu dianggap cepat dan ekonomis

Selain inti CPU baru, pengolah grafis (GPU) terintegrasi pada lini prosesor Core Ultra 200V juga menggunakan arsitektur baru dengan kode nama Battlemage (Xe2).

Intel mengklaim GPU Battlemage Lunar Lake mampu menghadirkan performa tertinggi di kategori produk notebook tipis dan ringan. Performanya diklaim mengungguli GPU terintegrasi produk pesaingnya, yakni Qualcomm Snapdragon X Elite dan AMD Ryzen AI 9 HX 370.

Baca juga: Spesifikasi Battlemage calon GPU baru Intel

Dari segi pemrosesan AI, performa NPU keluarga prosesor Lunar Lake diklaim hingga 48 TOPS (teraoperation per second), atau antara Snapdragon X Elite (45 TOPS) dan AMD Ryzen AI 300 (50 TOPS).

Dibandingkan pendahulunya, keluarga Meteor Lake, Intel mengatakan Lunar Lake menawarkan kinerja per watt hingga 2,29 kali lebih banyak. Dengan kata lain performanya lebih cepat dengan tenaga yang sama.

Dengan konsumsi daya kit yang lebih hemat hingga 50 persen dibandingkan Meteor Lake, Intel juga mengklaim bahwa laptop Core Ultra 200V mampu memberikan daya tahan baterai hingga 20 jam.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, produk notebook berbasis prosesor Intel Core 200V akan mulai dikirimkan pada 24 September (9/4/2024). Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top