Airlangga Klaim Kebijakan EV Berjalan Baik, Insentif Hybrid Masih Disiapkan

TANGERANG, virprom.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto mengatakan kebijakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia berjalan sangat baik.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk dan merek ramah lingkungan yang masuk ke pasar melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

Berdasarkan pantauan redaksi virprom.com, setidaknya ada 20 mobil penumpang baru yang hadir dengan beberapa merek baru antara lain BYD, Jetour, BAIC, GAC Aion, dan VinFast.

Baca Juga: Menko Airlanga berikan penekanan khusus pada EV di GIIAS 2024

“Hal ini menunjukkan bahwa passion otomotif adalah kuncinya. Kini pilihan mobil listrik semakin banyak dan harganya semakin murah,” kata Airlanga saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (24/7/2024).

“Jadi jelas itu yang menjadi pendorong bahwa kebijakan EV sudah cukup baik dan mendapat feedback masyarakat yang baik,” lanjutnya.

Dengan begitu, pihaknya akan terus mendorong daya beli masyarakat untuk mengimbangi agresifnya penetrasi produsen mobil ke pasar nasional.

Tak terkecuali produk kendaraan listrik dengan teknologi hybrid. Mengingat transportasi jenis ini juga mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 49 persen dibandingkan mobil konvensional.

Baca Juga: Pemerintah sedang mencoba mengembangkan mobil hybrid menggunakan biofuel

Namun hingga saat ini pembicaraan mengenai insentif mobil hybrid masih tertahan karena beberapa kementerian belakangan ini gencar membahasnya.

“Insentif sudah ada,” jelasnya.

“Iya (insentifnya fokus pada kendaraan hybrid yang menggunakan bahan bakar nabati alias bioetanol). Namun hybrid dan bioetanol tidak sama, bioetanol untuk kendaraan berbahan bakar bensin,” tambah Airlanga. Dengarkan berita dan berita terkini pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top