Polri Bakal Usut Pihak Bertanggung Jawab soal Gangguan Sistem PDN

JAKARTA, virprom.com – Komjen Polri memastikan akan mengusut pelanggaran dalam insiden gangguan sistem Pusat Data Peralihan Nasional (PDN) mulai Kamis (20/6/2024) hingga -Jumat (21/ 6/2024). / 6/2020). 2024).

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, jika dalam penyidikan ditemukan bukti adanya pelanggaran sementara terhadap kendali PDN, maka akan dilanjutkan penyelidikan.

Nanti jika ditemukan, tindak pidana tersebut akan didalami polisi, kata Sigit kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Sabtu (22 Juni 2024).

Sigit mengatakan, Polri tengah mendalami gangguan pada server PDN Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Baca juga: Panitia DPR, Saya Minta Kementerian Komunikasi dan Informatika segera menyelesaikan dan menjelaskan gangguan terhadap PDN

Ia mengatakan, Polri sedang berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengusut gangguan sistem tersebut.

Diberitakan sebelumnya, gangguan sistem di PDN Kemenkominfo berdampak pada Pelayanan Imigrasi seluruh Indonesia pada Kamis (20/6/2024) hingga Jumat (21/6/2024).

Akibatnya, antrian pemeriksaan imigrasi di beberapa bandara menjadi tidak bersahabat dan dikeluhkan oleh netizen di media sosial X.

Gangguan sementara pada sistem PDN tersebut diduga disebabkan oleh serangan program jahat dengan ransomware yang dilakukan oleh sekelompok hacker tertentu.

Baca juga: PDN Diduga Diserang Ransomware, Kominfo: Masih Diselidiki BSSN

Sistem PDN tidak hanya digunakan oleh Departemen Umum Imigrasi saja. Sistem ini juga digunakan oleh banyak kementerian/lembaga lainnya.

Menurut sistem resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, PDN adalah alat sistem elektronik dan komponen lainnya untuk menyimpan, mengolah, dan mengunduh data.

PDN juga menjadi sorotan ketika 34 juta paspor Indonesia diperjualbelikan secara online pada tahun 2023.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan, banyak layanan publik yang terdampak akibat rusaknya sistem PDN.

Baca juga: Kurangi Gangguan PDN Departemen Imigrasi Umum Tambah 100 Pegawai di Bandara Soekarno-Hatta

Ia mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika memulihkan layanan tersebut secara bertahap.

Saya yakinkan tim saat ini sedang melakukan segala upaya untuk mempercepat pemulihan, kata Budi, Kamis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga terus menyelidiki penyebab terganggunya sistem PDN. Dengarkan berita terkini dan informasi pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top