Mengenal John Tinniswood, Pria Tertua di Dunia yang Jadi Penggemar Liverpool

LONDON, virprom.com – John Tinniswood, lahir di Liverpool, Inggris, menjadi pria tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-112.

Ia, yang lahir pada tanggal 26 Agustus 1912, mengatakan kepada Guinness World Records bahwa ia tidak tahu mengapa ia bisa hidup begitu lama.

Penggemar seumur hidup Liverpool, yang tinggal di panti jompo di Southport, menjadi pria tertua di dunia yang masih hidup pada bulan April ketika Juan Vicente Pérez Mora yang berusia 114 tahun meninggal.

Baca juga: Israel-Hizbullah Tak Mau Perang, Tapi Keduanya Siap

Dia mengatakan dia cukup aktif ketika dia masih muda dan banyak berjalan, tapi dia yakin dia tidak berbeda dengan orang lain.

“Anda berumur panjang atau berumur pendek dan Anda tidak bisa berbuat banyak,” ujarnya, seperti dilansir BBC, Senin (26/08/2024).

Tinniswood, yang lahir pada tahun tenggelamnya Titanic, mengatakan dia menghabiskan ulang tahunnya yang ke-112 dengan tenang seperti orang lain.

“Mengapa saya hidup begitu lama, saya sama sekali tidak tahu. Saya tidak bisa memikirkan rahasia apa pun yang saya miliki,” katanya.

“Waktu muda aku cukup aktif, banyak jalan kaki. Entah ada hubungannya dengan itu. Tapi bagiku, tidak ada bedanya. Tidak ada bedanya sama sekali,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa Tinniswood lahir 20 tahun setelah klub sepak bola favoritnya Liverpool didirikan dan telah kehilangan semua kecuali dua dari 66 trofi liga utama The Reds, kehilangan dua gelar liga pertama pada tahun 1901 dan 1906.

Baca juga: 150 Orang Ditangkap Karena Kerusuhan, Perdana Menteri Inggris: Hari Ini Rapat Darurat

Dia berusia dua tahun saat pecahnya Perang Dunia I dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 27 ketika Perang Dunia II dimulai.

Dia bertugas dalam peran administratif untuk Korps Pembayaran Angkatan Darat, menemukan tentara yang terdampar dan mengatur persediaan makanan, dan sekarang menjadi veteran Perang Dunia II pria tertua yang masih hidup.

Dikatakan bahwa selain makan seporsi ikan dan keripik setiap hari Jumat, dia tidak mengikuti aturan tertentu.

“Saya makan apa yang mereka berikan kepada saya, begitu pula orang lain. Saya tidak punya pola makan khusus,” ujarnya.

Sejak menginjak usia 100 tahun pada tahun 2012, ia telah menerima kartu ulang tahun tahunan dari para raja, yaitu dari mendiang Ratu Elizabeth II, yang hampir 14 tahun lebih muda darinya, dan kemudian dari Raja Charles III.

Ketika ditanya apakah menurutnya dunia telah banyak berubah sejak masa kecilnya, dia berkata, “Saya rasa dunia tidak banyak berubah, atau hampir tidak ada yang lebih baik, dibandingkan saat itu”.

“Mungkin di beberapa tempat memang demikian, tapi di tempat lain lebih buruk,” tambahnya.

Baca juga: 2 Anak Tewas, 11 Luka Usai Ditusuk di Sekolah Tari Inggris

Sementara itu, pria tertua yang pernah ada adalah Jiroemon Kimura dari Jepang, yang hidup hingga usia 116 tahun 54 hari dan meninggal pada tahun 2013.

Wanita tertua yang masih hidup di dunia, dan orang tertua yang masih hidup, adalah Tomiko Itooka yang berusia 116 tahun dari Jepang. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top