Jet Tempur F-22 AS Tiba di Timur Tengah, CENTCOM Singgung Iran terkait Tujuan Pengerahan

WASHINGTON DC, virprom.com – Pesawat siluman F-22 canggih Amerika Serikat tiba di Timur Tengah pada Kamis (08-08-2024).

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengumumkan di media sosial bahwa pengerahan jet tempur merupakan bagian dari perubahan postur pasukan di Timur Tengah untuk mengurangi risiko eskalasi regional oleh Iran atau proksinya.

Dalam pengumumannya, CENTCOM tidak menyebutkan jumlah pasti atau lokasi jet tersebut. 

Baca juga: Rencana Iran Balas Serangan ke Israel Ditinjau Kembali, Kenapa?

Yang jelas pengerahan pesawat tempur siluman F-22 kali ini terjadi di tengah upaya Amerika Serikat untuk meningkatkan kekuatannya di Timur Tengah karena takut akan serangan balasan Iran terhadap Israel.

Sebelumnya, Pentagon mengatakan pekan lalu bahwa Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memerintahkan kapal perang tambahan dan satu skuadron jet tempur untuk dikirim ke wilayah tersebut.

Seperti dilansir AFP, tujuh personel AS terluka dalam serangan roket di Irak awal pekan ini, yang menurut Washington dilakukan oleh milisi yang didukung Iran.

Sementara itu, Teheran dan sekutunya diperkirakan akan melancarkan serangan terhadap Israel sebagai pembalasan atas terbunuhnya tokoh-tokoh penting Hamas dan Hizbullah dalam serangan pekan lalu, yang disalahkan sekaligus diklaim oleh Israel.

Pembunuhan tersebut adalah salah satu yang paling serius dalam serangkaian serangan yang menimbulkan kekhawatiran akan konflik regional yang berasal dari perang Gaza.

Baca juga: Iran Sumpah Balas Dendam ke Israel, Siapkan Perang Besar?

  Dengarkan berita terkini dan rangkaian berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top