Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Praktis

virprom.com – Penting bagi pengguna untuk mengetahui beberapa panduan untuk memeriksa status beberapa komponen di laptop berbasis Windows 11, salah satunya adalah memeriksa status baterai laptop Windows 11.

Setiap baterai di komputer laptop memiliki tingkat kesehatannya. Daya tahan baterai adalah ukuran kemampuan baterai dalam menyimpan daya dan berapa lama baterai dapat digunakan sebelum perlu diisi ulang.

Baca juga: 5 Cara Cek RAM Laptop Windows 11 Mudah dan Praktis

Kinerja baterai dapat menurun seiring waktu. Jika turun tajam, baterai tidak dapat menyimpan daya secara maksimal sesuai desain kapasitas aslinya. Maka laptop bisa lebih cepat kehabisan daya.

Cara melihat status baterai laptop Windows 11 ini berguna untuk memastikan baterai yang terpasang di laptop masih dalam kondisi optimal. Hal ini penting untuk dipastikan ketika Anda ingin membeli laptop, khususnya laptop bekas.

Selain untuk membeli laptop, cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 juga berguna untuk memantau status baterai dari waktu ke waktu. Jika performa baterai turun drastis, pengguna mungkin memutuskan untuk mengganti baterai dengan yang baru.

Penting bagi pengguna untuk mengetahui cara memeriksa status baterai laptop Windows 11 karena akan sangat membantu. Lantas, bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai laptop Windows 11? Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 11 Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 11 selengkapnya

Cara menampilkan status baterai laptop Windows 11 pada dasarnya sederhana dan praktis. Pada cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 ini, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apa pun.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 11

Windows 11 menawarkan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna memeriksa status baterai sistem secara langsung. Untuk memeriksa status baterai laptop Windows 11 Anda: Klik logo Windows atau menu Start di layar laptop Windows 11 Anda, lalu klik bilah pencarian. Cari dan buka Command Prompt. Setelah itu. Ketik perintah berikut: powercfg /batteryreport Kemudian tekan Enter dan sistem akan menghasilkan laporan status baterai dalam format HTML. Untuk mengakses file laporan kesehatan baterai laptop, buka Windows Explorer atau File Explorer, lalu pilih Local Disk (C:) atau Windows (C:), lalu buka folder Users dan Users. Setelah itu, buka file bernama “battery-report.html”. Laporan kesehatan baterai laptop Windows 11 terbuka di browser. Dalam laporan ini, pengguna dapat melihat beberapa informasi mengenai status baterai, seperti kapasitas baterai awal, kapasitas baterai saat ini, dan penghitung siklus. Pengguna juga dapat melihat riwayat penggunaan baterai dan riwayat konsumsi baterai. Semakin rendah kapasitas baterai saat ini dibandingkan dengan kapasitas aslinya, maka semakin rendah pula kesehatan baterai laptop tersebut.

Mudah bukan untuk melihat status baterai laptop Windows 11 Anda? Dengan menggunakan metode di atas, pengguna dapat mengonfirmasi sendiri status baterai laptop Windows 11 mereka.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Cepat

Kondisi baterai yang baik adalah ketika baterai masih valid atau mempunyai kapasitas arus yang tidak terlalu jauh dari desain kapasitas aslinya. Jika kapasitas saat ini turun tajam dari desain aslinya, berarti baterai tidak dalam kondisi optimal.

Dengan informasi kesehatan baterai yang diperoleh, pengguna dapat mengetahui apakah baterai dari operator portabel Windows 11 yang ingin dibelinya dalam kondisi baik atau tidak. Selain kebutuhan tersebut, pengguna juga dapat memutuskan kapan akan mengganti baterai.

Demikian penjelasan lengkap cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 dengan mudah dan nyaman tanpa aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Dapatkan berita teknologi dan gadget unggulan setiap hari. Bergabunglah dengan saluran WhatsApp KompasTekno. Untuk itu klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terkini dan berita utama kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top