Kapolri: Kepercayaan Publik Jadi Modal Utama Pelaksanaan Tugas Polri

JAKARTA, virprom.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap Polri merupakan modal terpenting dalam pelaksanaan tugas kepolisian.

Hal itu disampaikan Sigit saat Badan Kepegawaian Kepolisian (SSDM) meraih penghargaan Kementerian Penguatan Administrasi Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kategori Pelayanan Berprestasi pada Selasa (7 September 2024).

Penghargaan tersebut berdasarkan hasil Program Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Nasional (PEKPPP) Tahun 2023.

Baca juga: Sidang Pendahuluan Pegi Setiawan Dikabulkan, Kapolri: Kami Hormati Keputusan Pengadilan

Sigit dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/7/2024) mengatakan, “Kepercayaan masyarakat terhadap Polri merupakan aset utama Polri agar dapat menjalankan tugasnya mendukung pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nasional.”

Mantan Kepala Pusat Kriminal Nasional ini juga mengingatkan masyarakat akan tingginya tingkat kepercayaan terhadap polisi dalam survei penelitian dan pengembangan Kompassi pada 18-20 Juni 2024. Survei menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi sebesar 73,1 persen.

Kapolri juga meminta jajaran merencanakan dan menggunakan anggaran secara efektif dan efisien untuk mendukung optimalisasi tugas kepolisian.

Baca juga: Kapolri Minta Polisi Lalu Lintas Segera Dipecat Terkait Pungli di Tol Jawang

Perencanaan dan penggunaan anggaran yang efisien, efektif, dan bertanggung jawab dapat mendukung terlaksananya tugas Polri secara optimal sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian, kata Sigit.

Dengan adanya kepercayaan masyarakat tersebut, Sigit mengajak seluruh jajaran Korps Bhayangkara untuk meningkatkan prestasi dan semangat mengabdi. Hal ini juga bertujuan untuk membentuk kepolisian nasional yang presisi.

“Tingkatkan terus kinerja dan semangat pelayanan untuk membangun kepolisian yang berdedikasi,” kata Kapolres.

FYI, penghargaan ini diterima oleh pusat penilaian SSDM terkomputerisasi Polri yang digunakan untuk menguji kualifikasi petugas kepolisian.

Baca Juga: Peggy Akui Penyiksaan Saat Di Penjara, Chuck Imin: Sayang Kapolri Harus Ambil Tindakan!

Penghargaan tersebut diumumkan langsung oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas pada pembahasan Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri yang digelar di St. Regis, Setiabudi, Jakarta Selatan, kemarin.

Selain penghargaan SSDM Polri, kategori Wilayah Birokrasi Bersih dan Pelayanan (WBBM) diraih oleh Biro SDM Polda Sumsel (Sumsel).

Sedangkan kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK) diraih oleh Biro SDM Polda Bali, Polres Karawang, Polres Pasurua, Polres Lamandau, Polda Sumsel dan Polairud, Biro SDM Polda Jatim, Polres Barito Timur, dan NTB. Bagian Keuangan Kepolisian Daerah. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top