Menag: Ibadah Kurban Momentum Sembelih Sifat Egois, Rakus, dan Mementingkan Diri Sendiri

Jakarta (MD) Menteri Agama RI Yakut Choril Qamis mengatakan, ziarah kurban dalam rangka Idul Adha merupakan keinginan untuk menghilangkan rasa egois di kalangan masyarakat.

Ibadah kurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan saja, tapi juga menyembelih sifat-sifat egois, serakah, dan mementingkan diri sendiri yang ada dalam diri kita, kata Menag melalui video di Jakarta, Senin (17/6/2024), seperti dikutip Antara .

Gus Men, sapaan akrabnya, menegaskan ibadah kurban memiliki dimensi sosial yang sangat kuat.

Dengan berkorban, lanjutnya, masyarakat saling berbagi rejeki yang kemudian menjadi simbol persatuan dan kepedulian sosial.

Baca Juga: Idul Adha, Jokowi: Kurban Sebagai Ungkapan Syukur dan Ikhlas

“Ketika egoisme dan egoisme bisa diberantas, maka akan muncul masyarakat yang lebih adil dan harmonis,” ujarnya.

Hazrat Ibrahim (saw) bersabda bahwa Gusman telah memberikan contoh kepada umat manusia betapa besarnya pengorbanan yang harus dilakukan.

Ia, lanjutnya, mengorbankan putranya Hazrat Ismail (saw) untuk menaati perintah Allah subhanahu wa ta’ala, yang di tempatnya diberikan seekor sapi sebagai bukti cinta dan kasih sayang beliau.

“Ada pesan besar tentang ketaatan dan pengorbanan yang tak tergoyahkan dalam pelayanan pengorbanan, yang dicontohkan oleh Hazrat Ibrahim (AS). Ibadah kurban mengajarkan kita bahwa cinta kepada Allah subhanahu wa ta’ala harus diutamakan di atas cinta terhadap makhluk, tuturnya.

Baca Juga: Hero Bodhi: Selamat Idul Adha, Selamat Liburan Panjang…

Untuk itu, Menag mengucapkan selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam Indonesia.

Ia berharap semangat Idul Adha dapat menjadi inspirasi bagi umat Islam Indonesia untuk tetap tabah menaati Allah dan terus berusaha menebar kebaikan di lingkungan.

Mari kita jadikan hari raya ini sebagai kelanjutan penguatan keimanan dan ketakwaan, serta peningkatan kualitas hidup masyarakat, dengan selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama, kata Menteri Agama Yakut Cholil Kamas. Berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top