Cara Mengoperasikan Innova Zenix Supaya Lebih Jago Menanjak

KLATEN, virprom.com – Toyota Innova Xenix belakangan ini menjadi perbincangan banyak orang setelah viral di media sosial dan gagal mendapatkan perhatian di Dieng, Jawa Tengah.

Alhasil, tanjakannya dinilai tidak terlalu terjal. Kebanyakan dari mereka percaya jika menggunakan Innova Reborn tidak akan mengalami hal tersebut karena masih menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Namun seluruh varian Zenix, baik hybrid maupun konvensional, menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Hal ini seringkali disayangkan karena tenaga yang dimiliki mobil ini terbilang cukup tinggi, namun tidak memiliki pasokan tenaga yang mampu menunjang kondisi jalan raya di Tanah Air.

Baca Juga: Bisa Kehilangan Traksi, Kenapa Innova Gunakan Sistem Zenix FWD?

 

Menurut Jakri Pulubuhu, Direktur Jakarta Defense Driver Training (JDDC), kendaraan berpenggerak roda depan (FWD) lebih rentan tergelincir saat mendaki bukit, kondisinya licin sehingga memerlukan keahlian khusus.

“Saat ingin melewati rintangan licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu keras, karena orang yang berpenggerak roda depan lebih mudah menang. Jika ban mobil berputar, mobil justru akan menuruni bukit atau berhenti. ,” kata Jusri kepada virprom.com baru-baru ini.

Jusri memerintahkan roda berputar perlahan untuk menjaga traksi. Berbeda dengan kelakuan pengemudi Innova Zenix di video viral tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Mobil, Lebih Baik Pakai Sistem FWD atau RWD?

Selain itu, pada saat mobil mulai melaju, untuk mencegah mobil terguling, injak rem, lalu turunkan rem dan injak gas dengan mantap dan perlahan, jangan injak pedal gas. ujar Jusri.

Eko Sulistjo, Technical Manager Nasmoko Demak, mengatakan Innova Zenix dibekali transmisi otomatis dan FWD sehingga memerlukan cara penanganan khusus saat menanjak.

“Pengendara bisa menggunakan fungsi kontrol traksi, defaultnya aktif, jadi jangan diubah settingnya agar fungsinya tetap aktif, lalu terapkan akselerasi dan start perlahan dengan gas,” kata Eco virprom.com, Senin (15/4/2024). ).

Baca juga: Mobil FWD Lebih Mudah Menaklukkan Bukit?

Menurut Eco, kontrol traksi akan membatasi putaran mesin dan secara otomatis mengerem saat roda mulai mendeteksi selip. Dengan cara ini, pola menarik atau menahan ban tetap baik.

“Selain itu setiap mobil ada batasnya, jika tanjakannya terlalu ekstrim bisa jadi mobil tersebut tidak cocok untuk itu, jadi jangan dipaksakan, selain ketrampilan pengemudi, lebih baik mencari jalur alternatif. penting,” kata Eco.

Menurut Eco, permukaan jalan yang licin, baik basah maupun berpasir, akan mempengaruhi sulitnya tanjakan, kecuali tepi jalan. Jadi ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Tetap up to date dengan berita terbaru dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top