Terkait Perundingan Gencatan Senjata di Gaza, Israel-Hamas Masih Beda Tujuan

TEL AVIV, virprom.com – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken tiba di Tel Aviv, Israel pada Minggu (18 Agustus 2024) dan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Tujuannya adalah gencatan senjata di Jalur Gaza dan pembebasan sandera yang ditahan Hamas.

Blinken datang ke Israel untuk mencegah konflik besar di Timur Tengah.

Baca Juga: Hamas Tolak Persyaratan Gencatan Senjata Baru di Gaza

“Tujuan Blinken di Timur Tengah adalah untuk menekan semua pihak mengenai pentingnya membawa isu-isu yang tersisa ke garis bawah,” kata seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya, Agence France-Presse melaporkan Senin (19 Agustus 2010). 2024) mengatakan. .

Menjelang perundingan gencatan senjata di Qatar pada Kamis dan Jumat lalu, Hamas menyerukan mediasi daripada negosiasi lebih lanjut untuk menerapkan kerangka kerja yang ditetapkan oleh Presiden AS Joe Biden pada akhir Mei.

Biden mengatakan pada hari Minggu bahwa gencatan senjata “masih mungkin” dan Amerika Serikat tidak akan melakukannya.

Amerika Serikat mengusulkan kesepakatan baru setelah pembicaraan antara mediator AS, Mesir dan Qatar di Qatar, dan Hamas menuduh Netanyahu mengganggu pembicaraan pada hari Minggu.

Menurut Hamas, tawaran itu disampaikan sebagai respons terhadap kondisi Netanyahu, khususnya menolak gencatan senjata permanen dan penarikan penuh dari Gaza.

Begitu pula dengan keinginan kuat untuk terus menduduki simpang Netzarim, simpang Rafah, dan koridor Philadelphia.

Israel menganggap dua senjata terakhir diperlukan untuk menghentikan mereka memasuki Jalur Gaza, dan penyeberangan Necharim berada di titik strategis antara Gaza utara dan selatan.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Netanyahu bertanggung jawab penuh atas upaya menggagalkan upaya para mediator dan menghalangi perjanjian tersebut, serta atas nyawa para sandera di Gaza.

Para pejabat Hamas telah berulang kali menuduh Netanyahu membatalkan kesepakatan tersebut.

Baca juga: Pembicaraan gencatan senjata di Gaza kembali terhenti

Sekutu Barat, Yordania, pendukung sandera yang ditentang Israel, dan Hamas sendiri telah meminta Netanyahu untuk menekannya agar membuat kesepakatan.

Namun anggota penting sayap kanan dari koalisi Perdana Menteri Israel yang berkuasa menentang gencatan senjata tersebut. Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top