Peringatan dari Polisi: Hindari Pegangan Setang Motor yang Salah

SOLO, virprom.com – Untuk menjaga keselamatan berkendara sepeda motor, pengendara harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah cara memegang setang dengan benar.

Jangan seperti pengendara dalam video Instagram @lowslowmotif yang memegang stang motornya dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Setelah perilaku yang tidak biasa ini, pengemudi dihentikan oleh polisi di jalan. Tujuannya adalah untuk menerima peringatan dan mengetahui bahwa cara memegang ini salah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Perlukah Semua Koil Mobil Rusak Diganti?

 

Menanggapi hal tersebut, Agus Sani, Ketua Wahana Safety Riding Promotion, mengatakan saat mengendarai sepeda motor harus mengikuti postur berkendara tertentu yang aman.

Posisi berkendara yang aman adalah mata atau pandangan harus lurus ke depan, bahu dalam keadaan rileks, siku sedikit ditekuk membentuk 120 derajat, kemudian tangan memegang penuh setang dan gas, dimana ibu jari berada di bawah dan keempat jarinya sudah full, jadi kalau ada guncangan mudah dipegangnya,” kata Agus kepada virprom.com, Sabtu (30/8/2024).

Lanjut Agus, lututnya masuk ke spatbor sepeda motor dan akhirnya kakinya tepat di anak tangga depan.

Baca juga: Hyundai Kembangkan Baterai Entry Level NCM

“Cengkeraman yang kurang kuat pada stang sepeda motor berpotensi kendor saat terjadi guncangan atau melewati jalan berlubang sehingga berbahaya saat berkendara dengan kecepatan tinggi,” ujarnya.

Agus juga menegaskan, jika ingin terhindar dari sinar UV atau takut tangan hitam, sebaiknya gunakan sarung tangan.

Sebab, jika terjadi kecelakaan akibat pegangan setang yang salah, akan berakibat fatal, ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top