Singgung Elektabilitas Sandiaga yang Tak Kunjung Naik di Jabar, PKB: Prospeknya Kurang

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Jawa Barat (Jabar) Sandiaga UNO belum meningkatkan kapasitas elektoralnya.

Zajilul mengatakan, PKB kini mencari opsi lain di Pilkada Jabar 2024 karena Sand sudah tidak punya peluang lagi.

Jabar Pak Sandy tidak berkembang ya, kami masih mencari opsi lain, kata Jazilul saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin malam (22/07/2024).

Dia mengatakan tidak ada peluang bagus.

Baca juga: PKB Percayakan Terpilihnya Ridwan Kamil kepada Sandia di Pilkada Jabar

Jajilul memprotes pimpinan KPU (PKPU) pada Pilkada Serentak 2024 yang artinya PKB menunjuk kadernya sendiri untuk maju di Jawa Barat.

Dia mengatakan, ketentuan yang mewajibkan anggota dewan mengundurkan diri saat mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah tidak jelas.

“Kalau mundur periode 2019-2024 ya, mundur. Kalau calon mundur dua kali (kalau lolos pemilu parlemen 2024-2029), mundur saat pendaftaran, mundur dalam proses. Belum ditunjuk pendaftaran, mengundurkan diri. .periode ini di bulan Agustus. Setelah bulan Oktober akan diundur dua kali lagi,” kata Jazilul.

Menurut Jazilul, seorang anggota dewan sebaiknya mengundurkan diri ketika resmi terpilih menjadi kepala daerah.

Baca Juga: Impian Sandiaga Uno Bandung Tembus Seri Utama World Marathon

Ia meminta KPU segera mengubah aturan agar PKB bisa menata kadernya yang berlaga di Pilkada 2024.

“Iya, sebagai calon wakil presiden juga bisa seperti yang lain kan? Jadi saya berharap KPU lebih cepat memberikan PKPU agar kita bisa menata kader-kader kita yang mau ikut pilkada tapi ragu-ragu. mundur. Dari DPRD, DPR atau daerah Dari DPR/Kota itu menyulitkan karena akan ada,” jelasnya.

Kader PKB seperti Jajilul, Kukun Shamsurijal, dan Saiful Huda berpeluang maju dalam pemilukada di Jawa Barat jika aturan tersebut tidak berlaku lagi, ujarnya.

Saat ini, Kukun menjabat Ketua Fraksi PKB DPR dan Hooda menjabat Ketua Komisi X DPR.

“Ada Pak Huda, ada Pak Kuku, di Jabar banyak yang bisa mencalonkan diri dalam 1 bulan. Saya yakin suara pemilihnya akan tercampur dengan yang lain,” kata Jazilul.

PKB melirik Sandiaga UNO untuk bersaing di Pilkada Jawa Barat.

Namun nama Sandiaga Uno tidak muncul dalam kajian Litbang Kompas Jabar belakangan ini.

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi menjadi nama yang paling banyak beredar di Jawa Barat. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top