Power Bank Digigit Anjing Meledak Picu Kebakaran Rumah

virprom.com – Pemadam kebakaran Tulsa, Oklahoma, AS memperingatkan masyarakat untuk menjauhkan hewan peliharaannya dari baterai lithium-ion.

Departemen tersebut mengeluarkan peringatan setelah seekor anjing menggigit bank listrik dan secara tidak sengaja memicu kebakaran rumah.

Departemen membagikan video kebakaran, yang terekam kamera di ruang tamu rumah. Dalam video tersebut terlihat seekor anjing berwarna putih membawa charger portabel atau power bank ponsel di atas kasur tempat tidurnya.

Anjing itu menggigit power bank, terlihat seperti sedang mengunyah mainan. Baterai bank daya bocor dan keseimbangan energi kimia di dalamnya terganggu.

Kerusakan ini menyebabkan power bank menjadi terlalu panas sehingga memicu percikan api dan meledak. Anjing itu segera melepaskan power bank yang terbakar itu dan menggonggong.

Baca Juga: HP Android Ini Punya Baterai 22.000 mAh, Tahan 7 Hari dan Bisa Dijadikan Power Bank

Api kemudian menjalar dari kasur anjing tersebut ke sofa di sebelahnya.

Anjing yang menggigit power bank lari dari rumah bersama seekor kucing dan seekor anjing lainnya.

Ketiga hewan peliharaan ini melarikan diri melalui pintu anjing, yaitu lubang pada pintu rumah yang memudahkan hewan peliharaan masuk ke dalam rumah.

“Meskipun rumah mengalami kerusakan parah, dua anjing dan kucing milik keluarga tersebut dapat melarikan diri dari rumah tanpa terluka melalui pintu anjing,” kata Andy Little, petugas informasi publik di Departemen Pemadam Kebakaran Tulsa.

“Dampaknya bisa lebih buruk jika tidak ada cara untuk melarikan diri atau jika keluarga tersebut sedang tidur pada saat itu,” lanjut Little.

Little meminta masyarakat mewaspadai bahaya kebakaran lithium-ion. Sekadar informasi, baterai ini bisa ditemukan di smartphone, laptop, dan power bank.

Baterai ini mengemas banyak energi ke dalam ruangan yang padat dan dapat menyebabkan kebakaran. Baterai litium-ion telah menyebabkan kebakaran di pesawat terbang, toko, mobil, dan tempat lainnya.

“Kejadian ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti paparan panas ekstrem, kerusakan fisik pada baterai, pengisian daya yang berlebihan, atau bahkan penggunaan peralatan pengisian daya yang tidak kompatibel,” kata Little.

Oleh karena itu, Pemadam Kebakaran Tulsa mengingatkan pengguna untuk ekstra hati-hati dengan baterai lithium-ion.

Pengguna disarankan untuk menjauhkan baterai dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Tak hanya itu, pengguna disarankan untuk menggunakan baterai lithium-ion dengan perlengkapan pengisian daya yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top