Eks Penyidik Sebut KPK Tak Mungkin Asal-asalan Sita HP Hasto PDI-P

JAKARTA, virprom.com – Mantan penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menyita ponsel Sekjen PDI-P Hasta Kristiyanto.

Yudi meyakini penyitaan yang dilakukan KPK dilakukan karena sedang menangani informasi terkait suatu kasus, dalam kasus ini dugaan suap mantan calon legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku.

Artinya, ponsel Hašt disita. Artinya, ketika ponsel tersebut disita, berarti diduga ada sesuatu di ponsel tersebut yang diduga ada hubungannya dengan Harun Masiku. Jadi harus ada hubungannya, bukan kebetulan. atau di luar dugaan begitulah yang disita penyidik,” kata Yudi saat dihubungi virprom.com, Minggu (16/06/2024).

Menurut Yudi, penyidik ​​pasti akan mencari barang bukti yang mengarah ke Harun Masika dan menyita ponsel Hasta.

Baca juga: KPK Selidiki Informasi Harun Masika dari Pemeriksaan Hasto

Baik itu berupa percakapan, berupa voice note, maupun gambar. Yang pasti, yang ada di ponsel yang diduga penyidik ​​ada yang nyambung, jadi disita, ujarnya.

Karena itu, ia menilai, penyidikan dan penyitaan ponsel Hast menunjukkan kemajuan dalam pengejaran Harun Masika.

Selain itu, Yudi juga menyoroti Satgas baru KPK AKBP Rossa Purbo Bekti dalam mengejar Harun Masika.

Sebab, menurut Yudi, gugus tugas penyidikan terkait terungkapnya kasus Harun Masiku sudah ada sejak lama.

“Dia (Rossa) dulunya penyidik ​​di OTT ya. Jadi tentu saja dia sudah paham dengan kasus ini. Bisa jadi dia sudah tahu arah persembunyian Harun Masiku, bahkan inti kasus konstruksinya, seperti penyidik ​​sebelumnya tidak menyelesaikan, katanya.

Baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Jika Gentle Jadi Aparat Penegakan Hukum, KPK Harus Kembalikan Barang Sitaan dari Hašto

Diberitakan sebelumnya, ponsel Hasto disita penyidik ​​KPK saat Hasto diperiksa sebagai saksi kasus Harun Masiku, Senin (10/6/2024) lalu.

Hasto menjelaskan, ponsel tersebut disita dari tangan stafnya Kusnadi yang diminta penyidik ​​menemui Hasto untuk diperiksa.

“(Kusnadi dipanggil) Katanya akan menemui saya, tapi kemudian tas dan telepon selulernya disita atas nama saya,” kata Hasto usai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Anggota tim Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo mengatakan, informasi dari ponsel Hasto diperlukan untuk menyelesaikan kasus suap Harun Masiku.

Penyidik ​​akan mendalami penyitaan alat komunikasi tersebut, informasi yang terkandung di dalamnya jelas diperlukan dalam proses penyidikan perkara ini, kata Budi, Selasa (11/6/2024) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Lihat berita terbaru dalam pilihan kami langsung di ponsel Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top