Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Mobil Tua?

 

JAKARTA, virprom.com – Membeli mobil bekas, lebih tepatnya berusia di atas lima belas tahun, bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang sedang mencari mobil dengan harga lebih terjangkau atau bagi Anda yang ingin merasakan nostalgia masa lalu.

Namun, sebelum mengambil keputusan untuk membeli mobil bekas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Mobil yang sudah cukup tua seringkali menghadirkan berbagai risiko, mulai dari masalah mekanis hingga keausan komponen yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus dari pemiliknya.

Geoffrey, pemilik jasa pemeriksaan mobil bekas Otospector, menegaskan, mobil tua, terutama yang berusia di atas 15 tahun, perlu mendapat perhatian khusus.

Baca juga: Suzuki Kembangkan Teknologi Hybrid Bertenaga

Yang pasti banyak permasalahannya seperti karat, kerapuhan, korosi, biasanya banyak kebocoran, kata Jeffrey di Jakarta, Kamis (22/08/2024).

Dijelaskannya, seiring bertambahnya usia kendaraan, risiko kerusakan dan masalah mekanis semakin meningkat sehingga pemilik harus lebih berhati-hati dalam merawat kendaraannya.

Jeffrey juga mencatat bahwa mobil tua sering kali memiliki masalah yang tidak terlihat jelas pada pandangan pertama.

“Ketika kendaraan berusia lebih dari 15 tahun, risiko kerusakan dan masalah mekanis meningkat,” ujarnya.

Jeffrey juga menjelaskan, pihaknya tidak bisa memberikan garansi pada mobil yang sudah tua, seperti halnya pada mobil yang berumur kurang dari sepuluh tahun. Menurut dia, potensi kerugian bisa terjadi kapan saja.

Kami tidak berani memberikan garansi pada mobil yang berumur lebih dari lima belas tahun,” ujarnya.

 Baca juga: Bocoran Spesifikasi Polytron Fox 500

Proses pemeriksaan Otospector meliputi evaluasi menyeluruh dengan poin-poin yang menentukan kondisi kendaraan.

“Kami cek skornya, kalau umur mobil lebih dari sepuluh tahun, skornya tidak B atau bagus, syaratnya lepas dari garansi satu bulan. Karena semakin tua mobil, maka semakin rawan, jadi tentu tidak ada jaminan,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran virprom.com WhatsApp : https://www.whatsapp.com/channel/ 0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top