Pejabat Kementan Tanggung Sewa “Private Jet” SYL Rp 1 Miliar

Jakarta, Kompas. KAM – Pejabat Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kemintan) mengaku bertanggung jawab atas penyewaan pesawat jet pribadi mantan Menteri Pertanian (Kemintan) Suhrul Yasin Limpu. (SYL).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Harmanto Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Sesditjen PSP) Kementerian Pertanian, Rabu (8/5/2024) saat memberikan kesaksian dalam persidangan kasus dugaan penggelapan dan penggelapan terkait SYL. ) Kemarin.

Jaksa KPK awalnya mengingatkan Hermanto untuk membelanjakan departemen PSP demi kepentingan SYL dan keluarganya.

Hermanto menuturkan kepada JPU, pihak PSP mengeluarkan biaya terkait penyewaan pesawat untuk kunjungan SYL.

Baca Juga: Pejabat Kementerian Pertanian yang Bertanggung Jawab atas Persyaratan SYL di Brazil, Amerika Serikat dan Arab Saudi

“Sewa pesawat (dari Aceh), ini pesawat pribadi,” kata Hermanto saat sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (5/8/2024).

“Pesawat pribadi Ach – Ujong Pandang – Sengkaring?” Pengacara membenarkan.

“Ya,” kata Hermanto.

Pengacara akan terus menanggung biaya pembayaran jet pribadi.

Pasalnya, berdasarkan dokumen yang dikeluarkan Direktorat PSP, ada dua pesawat pribadi yang disewa untuk keperluan SYL.

Baca juga: Sidang SYL, Saksi Ungkap Permintaan Sapi Kurban Rp 360 Juta

“1 miliar atau 1,5 miliar karena ada dua,” tanya jaksa lagi.

Hermanto mengatakan kepada jaksa, saat itu ia mengetahui pihak PSP mengeluarkan dana sebesar Rp 1 miliar hanya untuk menyewa jet pribadi.

“Rp1 miliar, istilah saya Rp1 miliar,” kata Hermanto.

Dalam kasus ini, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga SYL memperoleh Rp44,5 miliar dengan cara menggelapkan bawahan dan departemen di Kementerian Pertanian untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top