Kebiasaan di Toilet yang Sebabkan Ambeien

virprom.com – Jika Anda belum pernah mengalami wasir, Anda beruntung. Sebaliknya, jika pernah, Anda pasti tahu rasa tidak nyaman dan nyeri yang terkait dengan gangguan saluran cerna ini.

Setelah timbul gejala berupa nyeri, iritasi, dan terkadang pendarahan pada daerah anus, penyakit wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada anus dan rektum bagian bawah.

Wasir merupakan masalah kesehatan yang bisa diobati, namun kita juga bisa menghindarinya. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kebiasaan di kamar mandi yang tanpa disadari bisa membuat kita rentan terkena penyakit wasir.

Menurut dokter spesialis gastrointestinal David L. Schwartzbaum, kebiasaan yang sebaiknya dihindari adalah duduk terlalu lama di toilet.

“Saat kita meletakkan pantat kita di dudukan toilet, darah terkumpul di titik paling bawah dan menyebabkan tekanan lebih besar pada pembuluh darah di anus sehingga menyebabkan wasir,” ujarnya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Kesulitan Menelan? Berikut 8 cara…

Ia menjelaskan, wasir adalah pembesaran pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Pertumbuhan ini menyebabkan gejala tidak nyaman karena tumbuh atau meradang.

Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama juga menyebabkan sirkulasi darah menjadi buruk.

“Duduk dalam waktu lama akan mengganggu aliran darah dari dan ke daerah dubur, sehingga menyebabkan darah menggenang dan pembuluh darah membengkak,” kata dokter spesialis pencernaan Prasun Shah.

Tak hanya itu, bila kita mengejan terlalu keras juga dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rektum yang pada akhirnya menyebabkan penyakit wasir.

“Saya sering menasihati pasien saya bahwa ketika mereka ingin buang air kecil, jangan mengejan. Dan jika mereka tidak bisa buang air besar dalam waktu tersebut, bangunlah dan coba lagi di lain waktu ketika mereka merasakan keinginan itu lagi,” kata Schwarzbaum.

Lalu berapa lama waktu ideal untuk duduk di toilet dan menunggu buang air besar?

Menurut Schwartzbaum, tunggu 10-15 menit dan segera bangun jika tidak berhasil. Beliau juga menyampaikan agar kita menghindari kebiasaan melihat ponsel saat berada di kamar mandi.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menderita Wasir

Untuk mencegah penyakit wasir, jangan lupa minum air putih yang cukup, konsumsi makanan kaya serat dan olahraga. Gaya hidup ini efektif mencegah sulit buang air besar.

“Semuanya dimulai dengan pola makan yang sehat, yang terpenting konsumsi serat 25-30 gram per hari dan minum air putih yang cukup,” ujarnya.

Bila hal ini belum cukup, tidak ada salahnya sesekali mengonsumsi obat pelunak feses atau obat pencahar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top