5 Cara Cek RAM Laptop Windows dengan Mudah dan Praktis

virprom.com – Ada beberapa pedoman dasar untuk mengecek spesifikasi laptop dengan sistem operasi Windows. Salah satu petunjuknya adalah tentang cara memeriksa RAM di laptop Windows.

Seperti yang Anda ketahui, setiap laptop Windows bisa memiliki jumlah RAM yang berbeda-beda: bisa 4 GB, 8 GB, 16 GB, dll. Melihat RAM laptop Windows Anda dapat berguna untuk sejumlah tujuan, termasuk menginstal aplikasi.

Baca Juga: 5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows dengan Mudah dan Cepat

Aplikasi ini memiliki persyaratan teknis minimum untuk diinstal pada laptop Windows. Persyaratan spesifikasi minimum biasanya mencakup spesifikasi kapasitas RAM. Jika laptop Anda memiliki RAM yang cukup, Anda dapat menginstal aplikasi tersebut.

Untuk melihat apakah ini tepat, pengguna harus memeriksa jumlah RAM yang terpasang pada laptop Windows mereka. Karena memiliki beberapa kegunaan, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara cek RAM di laptop Windows.

Lantas, bagaimana cara mengecek RAM di laptop Windows? Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan cara cek RAM di laptop Windows dengan mudah dan praktis. Cara memeriksa RAM laptop Windows

Cara melihat RAM di laptop Windows sebenarnya cukup sederhana. Pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan apa pun saat memeriksa RAM di laptop Windows miliknya. Metode ini dapat diimplementasikan menggunakan fungsi bawaan.

Windows menawarkan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna langsung mengecek berbagai spesifikasi laptop di sistem, termasuk kapasitas RAM. Ada banyak pilihan untuk memeriksa RAM laptop Windows, yang dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi bawaan.

Misalnya, pengguna bisa mengecek RAM laptop Windows miliknya melalui menu pengaturan. Anda kemudian dapat melihat RAM laptop Windows Anda menggunakan program bawaan seperti Dxdiag.

Selain itu, ada cara lain agar pengguna dapat melihat kapasitas RAM pada laptop Windows mereka. Penjelasan mengenai berbagai cara cek RAM laptop Windows adalah sebagai berikut: 1. Cara cek RAM laptop Windows dari menu pengaturan.

Cara cek RAM di laptop Windows yang pertama adalah melalui menu Setting. Menu ini memungkinkan pengguna melihat informasi mengenai spesifikasi laptop, termasuk RAM. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Klik logo Windows atau menu Start, lalu pilih menu Settings. Setelah itu, pilih menu “Sistem” dan klik opsi “Tentang”. Terakhir, kapasitas RAM sistem dan jenis prosesor, kecepatan prosesor, dll. menampilkan informasi tentang spesifikasi laptop lainnya seperti

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengatur Kecerahan Layar Laptop dan PC Windows 2. Cara Cek RAM Laptop Windows Menggunakan Windows Explorer

Cara lain untuk melihat RAM di laptop Windows adalah melalui Windows Explorer atau disebut juga My Computer. Di Windows Explorer, pengguna dapat melihat kapasitas RAM laptopnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Buka Windows Explorer di laptop Windows. Kemudian cari folder bernama “This PC” atau “My Computer”. Klik kanan folder tersebut dan pilih Properti. Terakhir, kapasitas RAM sistem dan jenis prosesor, kecepatan prosesor, dll. menampilkan informasi tentang spesifikasi laptop lainnya seperti 3. Cara melihat RAM laptop Windows menggunakan System Information

Ketiga, Anda dapat melihat RAM laptop Windows Anda melalui informasi sistem. Cara ini dapat mencakup informasi mengenai spesifikasi RAM yang digunakan dan informasi spesifikasi detail lainnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut: Tap kolom pencarian pada menu Start di laptop Windows Anda. Kemudian ketik System Information pada kolom tersebut. Saat hasil pencarian muncul, pilih Informasi Sistem. Setelah itu, pengguna dapat memilih kapasitas RAM, jenis prosesor, jenis kartu grafis, dll. dapat melihat berbagai spesifikasi laptop seperti

4. Cara Melihat RAM Laptop Windows Menggunakan Command Prompt

Cara melihat RAM laptop Windows selanjutnya adalah melalui program Command Prompt. Dalam program ini, pengguna dapat meminta informasi kepada sistem mengenai spesifikasi RAM dan lainnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top