Intel Janjikan CPU Lunar Lake dan Arrow Lake Tak Terdampak Masalah Ketidakstabilan

virprom.com – Prosesor Intel generasi ke-13 (Raptor Lake) dan generasi ke-14 (Raptor Lake Refresh) mengalami masalah ketidakstabilan dengan tegangan suplai yang terlalu tinggi.

Karena masalah yang dikenal sebagai “Vmin Shift”, proses yang terpengaruh cenderung macet, misalnya saat bermain game, sehingga mengganggu pengguna. Stabilitas produk masa depan Intel juga dipertanyakan.

Dalam hal ini, Intel pekan lalu menjamin bahwa dua keluarga prosesor generasi berikutnya, Lunar Lake dan Arrow Lake, bebas dari masalah ketidakstabilan.

Baca Juga: Intel Jelaskan Alasan Lemahnya Prosesor Generasi 13 dan 14

Pasalnya, menurut Intel, Lunar Lake dan Arrow Lake menggunakan arsitektur baru yang tidak terpengaruh dengan permasalahan di atas. “Intel mengonfirmasi bahwa rangkaian produk berikutnya kebal terhadap masalah ketidakstabilan Vmin Shift,” kata Intel di situsnya.

Lunar Lake (Core Ultra 200) adalah keluarga prosesor seluler untuk laptop tipis dan ringan. Lunar Lake menjanjikan performa CPU yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Meteor Lake.

Sementara itu, keluarga Arrow Lake dioptimalkan untuk performa tinggi sebagai penerus Raptor Lake Refresh. Arrow Lake akan menjadi produk prosesor desktop dan laptop berkinerja tinggi.

Baca juga: Prosesor Intel Kelas Menengah Juga Terkena Masalah Crash

Dihimpun KompasTekno dari Tom’s Hardware, Senin (2/2/2024), Intel akan mengumumkan Lunar Lake pada 3 September 2024. Belum ada tanggal resmi untuk Arrow Lake, tetapi keluarga diperkirakan akan mulai pada 17 Oktober. Daftar proses yang tidak terpengaruh oleh Vmin Shift

Intel telah merilis pembaruan mikrokode untuk mengatasi masalah Vmin Shift untuk prosesor yang terpengaruh oleh masalah ketidakstabilan. Peningkatan ini didistribusikan melalui pembaruan BIOS oleh masing-masing produsen motherboard.

Baca juga: Intel perpanjang garansi prosesor Gen-13 dan 14 Core

Meskipun ada banyak model CPU di keluarga Raptor Lake dan Raptor Lake Refresh yang rentan mengalami crash, tidak semua prosesor Intel mengalami masalah ketidakstabilan akibat Vmin Shift.

Pabrikan juga merilis daftar prosesor yang tidak menyebabkan masalah Vmin Shift. Informasi lebih lanjut seperti di bawah ini.

– Prosesor desktop dan seluler Intel Core generasi ke-12 – Prosesor desktop Intel Core i5 dan i3 generasi ke-13 dan ke-14 (non-K) – Prosesor seluler Intel Core generasi ke-13 dan ke-14, termasuk seri HX – Prosesor Intel Xeon, CPU server dan stasiun kerja. – Prosesor Intel Core Ultra (seri 1)

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses virprom.com WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top