Kemenlu: Polisi Malaysia Selidiki Penembakan WNI Asal Lombok di Miri

JAKARTA, virprom.com – Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan, polisi Malaysia saat ini sedang menyelidiki kematian seorang warga negara Indonesia bernama Gafur akibat luka tembak.

Gafur dikabarkan meninggal pada Selasa (30/07/2024) di perkebunan kelapa sawit Simpang Ngu di Niah, Miri, Sarawak, Malaysia.

Polisi Mir masih mendalami latar belakang penembakan yang berujung kematian tersebut. Jenazah saat ini berada di RS Miri, kata Judha melalui pesan singkat, Sabtu (8/3/2024).

Judha menjelaskan, KJRI Kuching, Malaysia segera melakukan koordinasi terkait dugaan meninggalnya Gafur.

Baca juga: KJRI Kuching sedang selidiki kasus TKI asal Lombok yang ditembak mati di Miri, Malaysia

Judha mengatakan, berdasarkan hasil otopsi yang dilakukan pada 1 Agustus 2024, Gafur dinyatakan meninggal dunia akibat luka tembak.

“KJRI Kuching telah mendapat jadwal pertemuan di Polsek Miri pada Senin (08/05/2024) untuk mendapatkan klarifikasi proses penyidikan,” ujarnya.

Seperti diberitakan virprom.com sebelumnya, Kepala Desa Waringin, Suralaga, Lombok Timur, Asikin mengaku pertama kali mendengar kabar duka meninggalnya Gafur dari orang tua korban.

“Pihak keluarga mengatakan Gafur meninggal karena dibunuh oleh warga lokal Malaysia atau orang berlatar belakang Ngu Mir,” kata Asikin kepada virprom.com, Kamis (1/8/2024).

Kabar tersebut kemudian diteruskan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Lombok Timur dan NTB.

Baca juga: Pekerja Migran Sebut Video Anaknya dari Lombok Sebelum Ditembak

Bagian Personalia kemudian menghubungi BP3TKI (Pusat Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia).

BP3TKI segera menghubungi KBRI Malaysia, pihak keluarga disuruh menunggu informasi dari KBRI, kata Asikin.

Berdasarkan informasi yang diterima Asikin, saat kejadian, kakak ipar Gafur sedang mengejar dua warga sekitar yang sedang mencuri barang milik TKI yang bekerja di sana. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top