Desa Ukraina Lepas Lagi ke Tangan Rusia, Kali Ini di Karlivka

KARLIVKA, virprom.com – Rusia mengatakan pada Rabu (9 April 2024) bahwa pasukannya merebut desa lain di Ukraina timur, kali ini Karlivka.

Desa tersebut terletak sekitar 30 kilometer dari ibu kota pusat logistik Pokrovsk yang masih diduduki Ukraina.

“Unit pasukan pusat telah sepenuhnya membebaskan desa Karlovka,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, menggunakan nama desa tersebut dalam bahasa Rusia.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina Bagian Barat, Polandia Mulai Gunakan Pesawat

Sementara itu, di kota Lviv di Ukraina barat, serangan Rusia pada hari yang sama menewaskan tujuh orang, tiga di antaranya adalah anak-anak.

“Sebanyak tujuh orang tewas di Lviv, termasuk tiga anak-anak,” tulis Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klymenko di Telegram, seperti dikutip kantor berita AFP.

Suara sirene di langit Lviv sebelum matahari terbit. Walikota Andriy Sadovy kemudian mendesak masyarakat untuk berlindung ketika pertahanan udara mencoba menembak jatuh rudal tersebut.

Menurut kantor kejaksaan, serangan rudal tersebut melukai 40 orang dan merusak bangunan tempat tinggal, sekolah dan fasilitas medis di pusat bersejarah tersebut.

Baca juga: Rusia Serang Kota Lviv di Ukraina, 7 Orang Tewas, Termasuk 3 Anak Menlu Kuleba menyusul menteri Ukraina lainnya yang mengundurkan diri di tengah perang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian mengutuk serangan terhadap Lviv, menyebutnya sebagai serangan teroris Rusia terhadap kota-kota Ukraina.

Kota Lviv jarang menyaksikan pertempuran sengit selama perang 2,5 tahun antara Rusia dan Ukraina.

Namun, serangan Rusia terhadap infrastruktur energi Lviv pekan lalu menyebabkan pemadaman listrik.

Baca Juga: Trump Klaim Punya Jaminan Rencana Akhiri Perang Rusia dan Ukraina, Apa Katanya? Dengarkan langsung berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top