Telkomsel Manfaatkan AI untuk Efisiensi dan Operasional Perusahaan

Sahabat, virprom.com – Teknologi Artificial Intelligence (AI) sedang menjadi favorit Kecerdasan buatan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk operator seluler Indonesia Telkom. 

Ronald Limo, Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkom, mengatakan perusahaan pelat merah itu kini menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan operasional perusahaan. 

“Saya adalah orang yang suka mendemokratisasi berbagai hal, termasuk kecerdasan buatan. Banyak sekali use case AI di Telkom dan dapat mempermudah proses kerja secara keseluruhan di perusahaan kami,” kata Ronald pada tahun 2024. Pada acara peluncuran Telkom. Media Gathering digelar di kantor Telkom Smart Jakarta Selatan pada Rabu (07/08/2024)

Salah satu AI yang diperkenalkan Telkom adalah asisten virtual (chatbot) bernama Veronica yang mampu merespons berbagai keluhan pelanggan (customer). Telekomunikasi juga siap menjawab berbagai kebutuhan pelanggan bisnis (perusahaan).

Dengan Veronica dan Ted, Anda tidak perlu bergantung pada layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan paling umum tentang pelanggan telekomunikasi atau layanan bisnis. 

Baca Juga: Okla Research: Kecepatan Download Telekomunikasi Tercepat

Selain kedua chatbot tersebut, Telkom, lanjut Ronald, juga telah menerapkan beberapa fitur AI pada Monai. Ini merupakan aplikasi khusus karyawan yang dapat digunakan untuk mengelola dan memantau proses kerja karyawan Telkom 

“Aplikasi MONA sekarang sudah menggunakan kecerdasan buatan. Misalnya saat kita ada rapat, MONA bisa merangkum hasil rapat praktik (risalah rapat/MOM) tanpa perlu memasukkannya secara manual,” kata Ronald. 

AI yang ada di aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak status pegawai Telkom. Sehingga pengelola pegawai bisa mengetahui pegawainya bekerja atau tidak. 

Selain aplikasi, teknologi kecerdasan buatan juga digunakan untuk meningkatkan dan mengelola kualitas seluruh layanan jaringan yang digunakan Telkom (Quality of Service/QoS).

Guna memberikan layanan yang optimal, AI Telkomsel kini dapat meningkatkan kinerja jaringan berdasarkan aktivitas dan kebutuhan pengguna. 

“Misalnya saat bermain game, AI Telkom dapat meningkatkan latensi game tersebut. Kemudian, jika pengguna memuat sesuatu, AI dapat mengalokasikan lebih banyak bandwidth ke aplikasi yang memuatnya,” jelas Ronald. 

Baca juga: Telkom Buka Customer Service Center di Grapari Nusantara, IKN

Layanan telekomunikasi lain yang menggunakan AI mencakup layanan terjemahan cerdas untuk keluhan pelanggan dalam bahasa asing, optimalisasi jaringan berdasarkan kondisi lingkungan, dan otomatisasi AI untuk penentuan prioritas jaringan.

Ada juga layanan pengembangan chatbot khusus yang disebut Advanced Virtual Assistant (AVA). Layanan dapat membuat chatbot yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna untuk mengotomatisasi layanan pelanggan dari bisnis pengguna dengan lebih baik. 

“Dengan banyaknya kegunaan AI, kami ingin mendemokratisasikan teknologi ini di Telkom agar dapat membantu lebih banyak orang, baik pelanggan maupun diri kami sendiri,” kata Ronald.  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top