Peretasan Data Bais TNI, Kekhawatiran Bocornya Hal Teknis dan Operasi

JAKARTA, virprom.com – Data Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI diretas oleh hacker.

Dugaan peretasan tersebut diunggah ke akun X (Twitter) @FalconFeedsio pada Senin (24/06/2024).

Unggahan FalconFeedsio didampingi oleh entitas hacker yakni MoonzHaxor.

“Badan Intelijen Strategis Militer Indonesia Bocor!” tulis unggahannya disertai foto.

Baca Juga: Siber​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​a

Dalam postingan tersebut juga disebutkan bahwa data TNI Bais dibocorkan oleh MoonzHaxor di situs atau forum jual beli data BreachForums.

“MoonzHaxor, anggota senior BreachForums, mengunggah file dari Badan Intelijen Strategis. “Leak berisi file contoh dengan data lengkap untuk dijual,” cuit @FalconFeedsio.

Pada saat yang sama, Sistem Identifikasi Sidik Jari Otomatis Indonesia (Inafis) milik Kepolisian Negara Republik Indonesia juga diretas oleh entitas yang sama.

Di Breach Forums, MoonzHaxor ingin menjual 773 kilobyte (kB) data Bais TNI seharga $1.000, sedangkan file 33,7 gigabyte (GB) seharga $7.000 di Breach Forums.

Data tersebut meliputi nama, satuan, dan aksi demonstrasi

Baca Juga: Gagal Melawan Peretas PDN, Pemerintah Mundur Karena Hilangnya Data Berharga

Penelusuran di laman Breach Forums virprom.com pada Rabu (26/6/2024) malam menunjukkan data yang dibobol antara lain nama prajurit, pangkat, asal satuan, email, nomor telepon, NRP, dan rincian tindakan. presentasi.

Misalnya saja memuat nama Kolonel (Caj) Anang Zamiarto dengan tambahan atribut seperti “Geospasika”, “anangz”, “[email protected]”, “samsung” – “SM-G610F”.

Data tersebut dilansir dari laman Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Anang Zamiarto berpangkat Kolonel dan menjabat Asisten Umum Satuan Intelijen Geospasika Bais TNI.

Namun, beberapa data tidak terkini atau diperbarui. Misalnya saja dilansir Kompas.id, keterangan Erikson Naek P Simanjuntak berbeda karena ia tercatat berpangkat kolonel, padahal sudah berstatus brigadir jenderal.

Baca Juga: Data Bais Diretas Terkonfirmasi, Kapuspen: Server Down Karena Investigasi

Pencarian virprom.com berlanjut dengan data berupa .zip yang diunggah MoonzHaxor ke Breach Forums.

Satu file berisi data terkait perkembangan situasi yang beredar pada 1 Desember 2020. Data tersebut berasal dari “Satgas Majapahit” dan bersifat rahasia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top